Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Aplikasi Media Sosial di MA Darussalam Barandasi

Penulis

  • Novalia Tanasy Universitas Muslim Maros
  • Isnaeni Wahab Universitas Muslim Maros
  • Nashruddin Universitas Muslim Maros

Kata Kunci:

bahasa Inggris, media sosial, motivasi

Abstrak

Mata pelajaran bahasa Inggris sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan, hal ini seringkali menjadi penyebab siswa bersikap masa bodoh dan tidak berupaya untuk mempelajari. Hal serupa juga menjangkiti siswa kelas III IPA MA Darussalam Barandasi. Di sisi lain, menghabiskan waktu bermain dengan media sosial seperti TikTok, Instagram dan Snapchat merupakan kegiatan favorit mereka. Siswa ini sering menghabiskan waktu hingga berjam-jam dalam sehari tanpa adanya manfaat terkait studi mereka. Tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan mahasiswa program KEMAL FKIP Universitas Muslim Maros melihat ini sebagai permasalahan yang patut diselesaikan. Dibutuhkan kegiatan solutif dimana kedua hal di atas dapat dipadukan menjadi satu kegiatan pengabdian yang bermanfaat. Oleh karena itu disusunlah pengabdian dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan aplikasi media sosial. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang positif, antusias dan bersemangat untuk belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan media sosial. Sejumlah akun-akun edukatif kemudian mereka follow dan cermati dengan baik, sehingga konten-kontennya terkait materi belajar bahasa Inggris kemudian dipelajari dengan baik dan dipraktekkan. Siswa juga menyetujui bahwa belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan media sosial menjadikan sesi belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan sehingga memotivasi mereka belajar lebih bersemangat.

Unduhan

Diterbitkan

30-04-2025