Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Scramble Wacana pada Siswa Kelas IX-3 SMP Negeri 10 Bantimurung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Irwan Irwan SMPN 10 Bantimurung, Kabupaten Maros
Keywords: Kemampuan Membaca, Teknik Scramble, Wacana

Abstract

Pembelajaran dengan penggunaan teknik scramble wacana dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa Kelas IX -3 SMP Negeri 10 Bantimurung. Hal ini dapat dibuktikan dari keberhasilan proses dan produk pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik scramble wacana.

Dengan diterapkannya teknik scramble wacana siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Siswa juga lebih berani untuk mengungkapkan pendapatnya, bertukar pikiran serta tidak malu lagi untuk bertanya. Guru juga berhasil menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Peningkatan nilai menyenangkan. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman pada siklus I ditunjukkan nilai rerata dari 63,6 pada pre-test menjadi 69,9 pada post test akhir siklus I. Pada siklus ini rerata meningkatkan sebesar 6,3 atau 9,90%. Sementara itu, siswa yang telah mencapai  KKM juga mengalami peningkatan 28% dari 36% menjadi 64%. Sedangkan pada siklus II, kemampuan siswa dalam membaca pemahaman meningkat dibandingkan pada post tes akhir siklus I. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman pada silklus II ditunjukkan nilai rerata dari 69,9 pada post tes akhir siklus I menjadi 78,44 pada post tes akhir siklus II. Pada siklus ini nilai rerata meningkat 8,54 atau 12,10% dari post test akhir siklus I. Sementara itu, siswa yang telah mencapai KKM juga meningkat 32% dari 64% menjadi 92%. Hal ini rasa sudah cukup memuaskan bagi guru dan peneliti, karena indikator keberhasilan sudah tercapai.

References

Akhmad Slamet Harjasujana, dkk,.(1997). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Bambang Warisita. (2008) Teori Belajar M. Gugne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Diakses dari http://www.isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/121086579.pdf pada 2 April 2014 jam 20.30

Brown, H. Douglas. (2000). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. White Plains: Addison Wesley Logman.

Dadan Djuanda. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Depdikbud.

Darmiyati Zuchdi dkk. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Guru SD.

Depdikbud. (1993). Garis-garis Besar Program Pembelajaran Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta:Dirjendikasmen.

DP. Tampubolon. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar . Ed. 2. Jakarta: Bumi Aksara

Haryadi dan Zamzami. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

I Gusti Ngurah Oka. (1983). Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.

Kasihani Kasbolah. (1998/1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Depdikbud Dirjen Dikti.

Nurhadi. (1995). Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: Ikip Semarang Press.

Redway, Kathryn. (1992). Membaca Cepat. (Terjemahan Dandan Riskomar). Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Saleh Abbas. (1998/1999). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti.

Slamet, St. Y (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surabaya: LPP UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.

Soeparno, dkk. (1998). “Eksperimen Metode Membaca PQRST dan Metode Membaca Study terhadap Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. FPBS IKIP”. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Soedarso. (1994). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PG. Gramedia Pustaka Utama.

Suwarsih Madya dkk. (1994). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Published
2019-12-14
How to Cite
Irwan, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Scramble Wacana pada Siswa Kelas IX-3 SMP Negeri 10 Bantimurung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 66-74. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/393