PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.46918/binomial.v3i1.479Kata Kunci:
media sosial, hasil belajar biologiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis pengaruh media sosial terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Sampel penelitian sebanyak 335 siswa, diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel yang diteliti adalah: (1) variabel bebas adalah media sosial; (2) variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk memperoleh, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai hasil belajar biologi tahun akademik 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan; pengaruh media sosial terhadap hasil belajar mahasiswa berada pada kategori rendah.
Referensi
Ghufron, M.N & Risnawati R. 2010. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Haling, A. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Mulyati, dkk. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial. Jakarta Pusat: Kementrian Perdagangan RI.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Thoha, Chabib. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Analisis Korelasi dan Regresi. Makassar: State University of Makassar Press.
_____________. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher