PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PANGKEP

Penulis

  • Resky Amalia universitas muslim maros

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Pangkep, pengambilan sampel dilakukan dengan observasi langsung dimana kelas yang terpilih yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah divalidasi oleh validator ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray adalah 83 lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yaitu 64. Adapun hasil analisis inferensial uji t sampel independent diperoleh ttabel ? thitung karena 1.67356 ? 8.724. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.

Referensi

Firmansyah, Mawardi, Riandi. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Biologi. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Miftahul Huda. 2013. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Sudjana, Nana. 1989. Jenis-Jenis Penelitian. Jakarta : PT. Bumi.
Rustaman dan Nuryani. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : Universitas Negeri Malang.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Soetopo, H. 2005. Pendidikan, Teori, Permasalahan dan Praktek. Malang : UNM Press.
Yuberti, dkk. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandar Lampung : Anugerah Utama Raharja.

Diterbitkan

2019-09-07

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PANGKEP. (2019). Jurnal Binomial, 2(2), 121-142. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/287