RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Kata Kunci:
mutu pembelajaran, pembelajaran daring, respon peserta didikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran daring khususnya pada pembelajaran biologi yang dilaksanakan pada peserta didik kelas XI Mipa di SMAN 20 Makassar sebanyak 68 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar angket yang terdiri empat indikator. Adapun indikator yang dimaksud (1) mutu pembelajaran, (2) kesesuaian tingkat pembelajaran, (3) insentif, dan (4) waktu pembelajaran. Hasil angket respon yang diberikan kepada peserta didik menunjukkan sebagian besar merasa nyaman dan efektif dalam pembelajaran daring. Tingkat insentif yang peserta didik terima dari pembelajaran daring di mata pelajaran biologi cukup memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan mereka dalam mata pelajaran biologi. Tetapi, terdapat beberapa aspek seperti mutu pembelajaran yang perlu ditingkatkan. Faktor-faktor seperti kualitas materi pembelajaran daring, dukungan teknologi, dan keterlibatan guru memiliki dampak yang signifikan terhadap respon peserta didik. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan pembelajaran daring yang lebih efektif dan mendukung bagi peserta didik di masa depan. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran daring dapat disimpulkan indikator tertinggi memperoleh persentase sebesar 64,3 % dengan kategori baik dan indikator terendah memperoleh persentase sebesar 49%, dengan kategori kurang.
Referensi
Abdullah, A. A., Farizal., & Sastradiharja. 2022. Manajemen Mutu Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTS Anwarul Falah Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam. 5 (2): 400-408.
Adnan., Abhimanyu. S., Patta, S., & Arsyad, N. 2014. The Improving of Junior High School Student in Learning Motivating Through Implementation Constructivistic Biology Learning Model Based on Information and Communication Technology. Journal of Education and Practice. 5 (2): 63-66.
Adnan, Muharram, & Jihadi, A. 2019. Pengembangan E-Book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES). 22 (2): 112-119.
Adnan, Faisal, & Marliyah, S. 2012. Studi Motivasi Siswa SMP dan Sederajat di Kota Makassar pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Jurnal Bionature. 13 (2):103-107.
Aisyah, S. & Muhammad, A. K. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA). 1 (1): 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i 1.195
Akbar, P. S., Usman, H. 2008. Metodologi penelitian sosial. Indonesia: Bumi Aksara.
Aldi, S., Adnan, & Ismail. 2022. Biology Learning Profile with Electronic Student Worksheets Based on Science Process Skills. Jurnal Pendidikan Biologi. 11 (3): 1-8.
Andriani, D., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. 2021. Respon Siswa terhadap Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Matematika. Absis: Mathematics Education Journal. 2 (1): 24-30.
Apriatama, D., Nur Aisyah, I., PrayudyaA. P, R., Widiati, S., Safitri, E., & Muhammad A, B. 2021. Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6 (2): 11–16.https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2462
Astuti, P., & Febrian, F. 2019. Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang. 4 (2): 111–119.
Astuti, S. D., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. 2022. Analisis Minat Anak dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 8 (2): 552–558. https://doi.org/10.31949/educatio.v 8i2.2065
Dewi, C. K., Irianto, S., Andriani, A., Universitas, P., & Purwokerto, M. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 4 (2).
Dewi, N. C., Widyaningsih., & Sobari, T. 2019. Pengaruh Alokasi Waktu Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Minat Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (3): 391- 396.
Febrilia, B. R. A., Nissa, I. C., Pujilestari, & Setyawati, D. U. 2020. Analisis Keterlibatan dan Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Clasroom di Masa Pandemi Covid-19. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. 6 (2): 175–184.
Gusta, W., Suhaili, N., Mudjiran, Nirwana, H., & Zakirman. 2022. Pandemi Covid-19: Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Penguasaan Teknologi dan Motivasi Belajar. Journal of Learning and Technology. 1 (1): 27–33. https://doi.org/10.33830/jlt.v1i1.33 59
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. 2020. Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8 (3): 496–503.
https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3. p496-503
Kemendikbud. 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Vol, 6 No. 2 Tahun 2022.
Lestari, I. 2015. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 3 (2): 115-124. https://doi.org/10.30998/formatif.v 3i2.118
NCTM. 2016 2016–17. https://www.nctm.org/uploadedFil es/ Supporting_Content/Campaigns/ NC TM_PUBS_2016 17Catalog_WEB.pdf
Nuraulia, N., Uswatun, D. A., & Nurrochmah, A. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Soal Kelas II SDN 1 Selabintana. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 4 (3): 247-250
Oktavian, R., & Aldya, R. F. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan. 20 (2): 129-135.
Padli, F., & Rusdi. 2020. Respon Siswa dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Social Landscape Journal. 1 (3): 1–7.
Rabetri, l. 2014. Hubungan Penerimaan Insentif dengan Motivasi Kerja Guru di Smk Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Administrasi Pendidikan. 2 (1): 379-831.
Rahadian, D. 2017. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran untuk Pengajaran yang Berkualitas. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (1): 234-250.
Riyani, R., Sultan, M. A., & Yulia, H. 2021. Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Pada tingkat Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education. 1 (1): 231- 240.
Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6 (2): 214– 224.
https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9 759
Saihu, S., & Taufik, T. 2019. Perlindungan Hukum Bagi Guru. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam. 2 (2): 105–116.
https://doi.org/10.36670/alamin.v2i 02.20
Septiani, A., & Suganda M, V. A. 2021. Kesesuaian Materi Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar pada Buku Tematik Tema 3 Kelas IV Sekolah Dasar Edisi Revisi 2017. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. 8 (1): 40-47. Https://Doi.Org/10.36706/Jisd.V8i 1.14365
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.