PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Dienul Mardia Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Maulana Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Zulkarnaim Zulkarnaim Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, learnig cycle 7E, media smart box

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model learning cycle 7E berbantuan media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi kelas XI. Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasy eksperimental) menggunakan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI berjumlah 300 peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 66 peserta didik dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen (XI.3) dan kelas kontrol (XI.4), menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa 8 butir soal essay. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kemampuan berpikir kritis peserta didik 82,00 pada kelas eksperimen dan 72,30 pada kelas kontrol. Analisis statistik inferensial diperoleh nilai sig. 0,001, menunjukan bahwa sig. ? = 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model learning cycle 7E berbantuan media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Author Biographies

  • Dienul Mardia, Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar

    Pendidikan Biologi

  • Andi Maulana, Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar

    Pendidikan Biologi

  • Zulkarnaim Zulkarnaim, Univesitas Islam Negeri Alauddin Makassar

    Pendidikan Biologi

References

Abduloh, Suntoko, Tedi, P., & Ade, A. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Jamaluddin, A.B., Muhiddin, P., Wahyu, H.M., & Muhammad, A.S.T. (2023). Model Pembelajaran SIRI: Solusi Dalam Memberdayakan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 6 (3): 191-195.

Leonardy, Joshu, & Frisca, L.A. (2022). Peran Fisikawan Indonesia Dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan, Sains, dan Teknologi Sebagai Upaya Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Di Era Society 5.0. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Maradika, Putri, A., Eni, K., Wulan, A.A., Susilo, T.W., & Anita, N. (2023). Pengaruh Media Smart Box Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas II SD Negeri Tugurejo 02 Materi Penerapan Nilai Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN, 09 (05): 2206-2220.

Oktavia, Jovanka, Venneza, Z., Nurdinah, H., & Rana, G.N. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13 (1): 545-554.

Rahman, A., Sabhayati, A.M., & Andi, F. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikn. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2 (1): 1-8.

Rusydi, Ahmad, I., Kosim, & Hikmawati. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pjar MIPA, 13 (2): 124-131.

Setyosari, P. (2015). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (1): 20-30.

Suardana, I.N. (2018). Students Critical Thinking Skills In Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal Of Instruction, 11 (2): 399-412.

Published

2025-03-31

How to Cite

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. (2025). Jurnal Binomial, 8(1), 12-18. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2519