PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
Kemampuan berpikir kritis, learnig cycle 7E, media smart boxAbstrak
Penelitian ini adalah eksperimen semu atau (quasi experimental) yang menggunakan non-equivalent control group design untuk melihat bagaimana penggunaan model learning cycle 7E berbantuan media smart box berdampak pada keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam materi sistem ekskresi kelas XI. Sebanyak 300 peserta didik kelas XI termasuk dalam populasi penelitian. Untuk pengambilan sampel, 66 siswa dipilih dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (XI. 3) dan kelompok kontrol (XI. 4). Ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui 8 soal essay. Untuk menganalisis data, analisis statistik deskriptif dan inferensial digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor berpikir kritis peserta didik di kelompok eksperimen adalah 82,00, sedangkan di kelompok kontrol adalah 72,30. H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai signifikan 0,001, yang menunjukkan bahwa nilai sig. ? = 0,001 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sangat dipengaruhi oleh model learning cycle 7E yang didukung oleh media smart box.
Referensi
Abduloh, Suntoko, Tedi, P., & Ade, A. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Jamaluddin, A.B., Muhiddin, P., Wahyu, H.M., & Muhammad, A.S.T. (2023). Model Pembelajaran SIRI: Solusi Dalam Memberdayakan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 6 (3): 191-195.
Leonardy, Joshu, & Frisca, L.A. (2022). Peran Fisikawan Indonesia Dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan, Sains, dan Teknologi Sebagai Upaya Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Di Era Society 5.0. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Maradika, Putri, A., Eni, K., Wulan, A.A., Susilo, T.W., & Anita, N. (2023). Pengaruh Media Smart Box Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas II SD Negeri Tugurejo 02 Materi Penerapan Nilai Pancasila. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN, 09 (05): 2206-2220.
Oktavia, Jovanka, Venneza, Z., Nurdinah, H., & Rana, G.N. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13 (1): 545-554.
Rahman, A., Sabhayati, A.M., & Andi, F. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikn. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2 (1): 1-8.
Rusydi, Ahmad, I., Kosim, & Hikmawati. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pjar MIPA, 13 (2): 124-131.
Setyosari, P. (2015). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (1): 20-30.
Suardana, I.N. (2018). Students Critical Thinking Skills In Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal Of Instruction, 11 (2): 399-412.