PENGEMBANGAN HANDOUT TERINTEGRASI PARADIGMA WAHDATUL ULUM PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAS AL-FALAH
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2187Kata Kunci:
handout, hasil belajar, paradigma wahdatul ulum, sistem pernapasanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah handout terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan untuk menaikkan hasil belajar siswa MAS AL-FALAH ini layak, praktis, dana efektif dalam proses pembelajaraan. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop. dan Disseminate). Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa handout terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan yang dikembangkan telah valid, sehingga layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan persentase 100% (ahli materi), 92,25 (ahli media), dan 92% (ahli agama). Selain itu, hasil angket respons guru dengan persentase 95% dan angket respons siswa dengan persentase 91,92% menunjukkan betapa praktis penggunaannya. Dilihat dari hasil N Gain yaitu sebesar 0, 81 maka handout dinyatakan efektif dengan kriteria “Tinggi”. Maka dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa handout terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa MAS AL-FALAH telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan. Pengembangan handout pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta guru dapat menggunakannya sebagai bahan ajar selama proses pembelajaran.
Referensi
Anggara, B. A., Warpala, I. W. S., & Julyasih, K. S. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Handout Untuk Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 140–149.
Fridiyanto. (2019). Paradigma Wahdatul ‘Ulum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Sebuah Upaya Filosofis Menghadapi Era Disrupsi. Jurnal: Analytica Islamica, 21(2), 149–155.
Hanum, E. L., Purwianingsih, W., Atikah, T., Herlina, I., Yani, R., & Peniasiani, D. (2009). Biologi 2: Kelas XI SMA dan MA. Departemen Pendidikan Nasional.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Haviz, M. (2016). Research and Development: Penelitian di Bidang Kependiikan yang Inovatif, Produktif, dan Bermakna. Jurnal Ta’dib, 16(1), 28–43.
Mahadiraja, D., & Syamsuarnis. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dn Vokasional, 6(1), 77–82.
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745–1756.
Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training: Prototyping to Reach Product Quality. Kluwer.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Rahmawati, H., Edie, S. S., & Khumaedi. (2019). Penerapan Handout Dalam Model Pembelajaran Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 75–82.
Rohmania, A., Ruswan, R., & Norra, B. I. (2019). Pengembangan Handout Sistem Ekskresi dengan Integrasi Nilai Islam pada Siswa Kelas XI. Bioeduca: Journal of Biology Education, 1(1), 1–11.
Rum, F. F., Hamka, L., & Syamsiah. (2021). Pengembangan Handout Bermuatan Nilai Islam Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MA. Jurnal Biology Teaching and Learning, 4(1), 1–7.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah pesan, kesan dan keserasian al-qur’an dan volume 15. Lentera Hati.
Siregar, S. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas VII-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif Di SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Biolokus, 2(2), 217–221.
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. P. (2017). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581–584.
Sudjana, N., & Rivai. (2015). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan R&D. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers off Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System.
Ultanitika, A., Kasrina, & Idrus, I. (2021). Pengembangan Handout Taksonomi Tumbuhan II Berdasarkan Hasil Identifikasi Tumbuhan Mangrove Di Kwasan Pulau BAAI Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 93–103.
Wulandari, S., Suarsini, E., & Ibrohim. (2016). Pemanfaatan Sumber Belajar Handout Bioteknologi Lingkungan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa S1 Universitas Negeri Malan. Jurnal Pendidikan, 1(5), 881–884.
Yusuf, M., Sainab, & Rahman, S. R. (2021). Pengembangan Handout Kontekstual Pada Materi Jaringan Hewan Kelas XI IPA SMAN 1 Sendana. BIOMA, 3(1), 10–19.