PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Motivasi Belajar BiologiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA.4 SMA Negeri 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental, dengan desain penelitian One-Group-Pre-Motivasi-Post-Motivasi. Populasi penelitian meliputi semua peserta didik kelas XI.MIA SMA Negeri 2 Parepare yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil secara acak (cluster Random Sampling) yaitu kelas XI MIA.4. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar biologi pre-motivasi dan post-motivasi, lembar observasi kemampuan pendidik mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan analisis validasi isi instrumen, analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t berpasangan. Dari hasil uji analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase skor motivasi belajar peserta didik pada pre-motivasi berada pada kategori rendah dan mengalami perubahan persentase rata-rata pada post-motivasi yaitu kategori tinggi tinggi. Hasil uji t terhadap nilai pre-motivasi dan post-motivasi diperoleh nilai peluang sig (2-tailed) = 0,000 <? (? = 0.05), sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 PareparePenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA.4 SMA Negeri 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental, dengan desain penelitian One-Group-Pre-Motivasi-Post-Motivasi. Populasi penelitian meliputi semua peserta didik kelas XI.MIA SMA Negeri 2 Parepare yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil secara acak (cluster Random Sampling) yaitu kelas XI MIA.4. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar biologi pre-motivasi dan post-motivasi, lembar observasi kemampuan pendidik mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan analisis validasi isi instrumen, analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t berpasangan. Dari hasil uji analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase skor motivasi belajar peserta didik pada pre-motivasi berada pada kategori rendah dan mengalami perubahan persentase rata-rata pada post-motivasi yaitu kategori tinggi tinggi. Hasil uji t terhadap nilai pre-motivasi dan post-motivasi diperoleh nilai peluang sig (2-tailed) = 0,000 <? (? = 0.05), sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Parepare
Referensi
Cindy. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas III SDN 188 Pekanbaru. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Pekanbaru.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Deepublish. Yogyakarta.
Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuran di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Iffa, D, P. 2016. Jurnal Psikologi Teori & Terapan. Jurnal Psikologi Teori & Terapan. Volume.7. Nomor.1.
Irnaningtyas dan Yossa, I. 2014. Program Kelompok Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam (MIA). Erlangga. Jakarta.
Khaerani, C. 2010. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik pada Konsep Gerak pada Tumbuhan. Skripsi. Tanggerang: Program Studi Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Karnia, G., Yusuf, K., & Hatibe, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPA Fisika pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Pendidikan volume. 3 nomor 4 ISSN 2338 3240.
Kunandar, 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Rajawali Pres. Jakarta.
Linda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Aktivitas Belajar IPA Kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Martinis. 2007. Kiat Pembelajaran Paserta Didik. Gaung Persada Press. Jakarta.
Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronic, Informatic, and Vocational Education (ELINVO). Vol. 1. No. 2.
Priadi, A. 2009. Biologi 2 For Senior High School Year XI. Yudhistira. Jakarta.
Ruslan, 2009. Validitas. Buletin LPMP Sulawesi Selatan.
Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Press.
Sardiman, A, M. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran & dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish. Yogyakarta.
Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Taktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. Jakarta.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
Slavin, R, E. 2010. Cooperative Learning Teori, Risset dan Praktek. Nusa Media. Bandung.
Suciati, S., Makmur, A. & Sajidan. 2010. Penerapan Model Science Technologi Society melalui Eksperimen Lapangan dan Eksperimen Laboratorium Ditinjau dari Sikap Peduli Lingkungan dan Kreativitas Verbal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains. Volume. 2 No. 3 Hal. 204-215.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Surabaya.
Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Integences. Dian Rakyat. Jakarta.