HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP

  • Nur Hayati Universitas Hasyim Asy’ari
  • Harmoko Harmoko Universitas PGRI Silampari
Keywords: Hasil belajar, Bioentrepreneurship

Abstract

Berbagai keterampilan yang perlu diajarkan pada siswa agar siap menghadapi tantangan hidup abad ke-21 mencakup berpikir kritis dan memecahkan masalah; berkomunikasi; kreativitas dan inovasi; serta kolaborasi. Keterampilan lain seperti entrepreneurship skill juga menjadi poin penting dalam pembelajaran abad ke-21. Pembelajaran bioentrepreneurship menjadi solusi untuk memperbaiki hasil belajar dan mengajarkan keterampilan berwirausaha pada siswa khususnya siswa kelas XII IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang memuat dua siklus, dengan masing-masing tahapan berupa planning, implementing, observing dan reflecting. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MASSKH Jombang dengan jumlah 22 siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar tes soal pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 66,3 menjadi 74,5 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bioentrepreneurship mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aqil, D. I., Hudaya, A., & Wulansari, L. (2020). Learning Innovation through Biopreneurship to Improve the Interest of Entrepreneurs of Madrasah Aliyah Students Based on Boarding School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 47–54. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.13605

Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., & Saputri, D. . Y. (2022). Empowering Science-Based Entrepreneurship (SciPreneur) Skills through CEL-BaDiS up Learning Model on Food Biotechnology Materials. International Journal of Instruction, 15(3), 83–102. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1535a

Bula, H. O. (2012). Evolution and Theories of Entrepreneurship: A Critical Review on the Kenyan Perspective. International Journal of Business and Commerce, 1(11), 81–96. www.ijbcnet.com

Hadzigeorgiou, Y., Fokialis, P., & Kabouropoulou, M. (2012). Thinking about Creativity in Science Education. Creative Education, 03(05), 603–611. https://doi.org/10.4236/ce.2012.35089
Hayati, N., & Fitriyah, L. A. (2021a). Biotechnopreneurship: Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(1), 62–76. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.10752

Hayati, N., & Fitriyah, L. A. (2021b). Students’ Entrepreneurship Interest and Cognitive Learning Outcomes: Effectiveness of Biodiversipreneurship. Biosfer, 14(2), 175–188. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.21726

Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20

Khotimah, K., Endang, A. R., & Muspiroh, N. (2016). Penerapan Pembelajaran Bioentrepreneurship pada Sub Konsep Pisces untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Plumbon. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(1), 39–47. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia

Kristanti, E. A., Bintari, S. H., & Ridlo, S. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioentrepreneurship Pembuatan Makanan dari Limbah Cair Pengolahan Kedelai. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 112–118.

Latif, A., Saptono, S., & Retnoningsih, A. (2021). Stem and Bioentrepreneurship Oriented Project Learning Model to Improve the Senior High Schooll Students’ Soft Skills, Entrepreneurial Interest and Learning Outcome. Journal of Innovative Science Education, 11(1), 72–77. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/48871

Manalu, E., Silaban, S., Silaban, R., & Hutabarat, W. (2016). The Development of Chemical Practice Guidebook Colloid System-Based Integrated Contextual Character Values. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 87–89. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpk

Muchtar, Z., Rosalia, A. V. A., & Silaban, S. (2020). Implementation of Dubido Based on Contextual in Improving Students Achievement on Rate Reaction. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012053

Na’imah, N. J., Supartono, & Wardani, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1566–1574. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4824

NCEE. (2007). Tough Choices Tough Times. Washington: Jossey-Bass, a Wiley Imprint

Pal’Ová, D., Vejačka, M., & Kakalejčík, L. (2020). Project-Based Learning as a Tool of Enhancing of Entrepreneurial Attitude of Students. Advances in Science, Technology and Engineering Systems, 5(1), 346–354. https://doi.org/10.25046/aj050144

Perdiawan, Z., & Kartini. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Environmental Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Binomial: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 109–124.

Prabowo, A. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Seminar. Kreano, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2615

Prihatiningrum, P., Susilowati, S. M. E., & Prasetyo, A. P. B. (2020). Effect of Bioentrepreneurship on Biology Learning Achievement , Creativity , and Entrepreneurial Interest. Journal of Innovative Science Education, 9(3), 250–259. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(16–29). https://media.neliti.com/media/publications/266435-penggunaan-model-pembelajaran-kontekstua-e3a63f63.pdf

Silaban, S., & Simangunsong, N. S. D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 95–101.

Sukaesih, S., & Alimah, S. (2012). Penerapan Praktek Pembelajaran Bermakna Berbasis Better Teaching Learning (Btl) pada Mata Kuliah Microteaching untuk Mengembangkan Kompetensi Profesional Calon Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(2), 165–172.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. In Jossey-Bass.
Published
2023-03-28
How to Cite
Hayati, N., & Harmoko, H. (2023). HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP. Jurnal Binomial, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1722