PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA PRAKTIKUM UJI KANDUNGAN URIN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA.

  • Juliana Pane Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Indayana Febriani Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Reflina Reflina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Laboratorium Virtual, Praktikum, 4D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Laboratorium virtual pada praktikum uji kandungan urin dan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangannya, kepraktisannya, dan keefektifannya. Penelitian ini adalah penelitian Research dan Development (R&D) dengan desain penelitian 4D yaitu: define, design, develop, and dissaminate, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop karena keterbatasan peneliti. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Swasta Islam Azizi yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar validasi ahli media dan ahli materi untuk mengukur kevalidan Laboratorium virtual, lembar respon praktisi lapangan (Guru) dan siswa untuk mengukur kepraktisan Laboratorium virtual, dan tes ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laboratorium virtual memiliki kategori sangat valid berdasarkan persentase kevalidan oleh validator ahli media sebesar 90%, validator ahli materi sebesar 87,50%. Laboratorium virtual dinyatakan sangat praktis berdasarkan persentase yang diperoleh dari respon siswa pada uji coba produk tahap I sebesar 93,60%, uji coba produk tahap II sebesar 91,78%, dan persentase berdasarkan respon guru sebesar 86,66%. Laboratorium virtual dinyatakan efektif berdasarkan Persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang diperoleh sebesar 88% dengan kriteria ketentuan akademik sangat baik.

References

Afifah, N., & Karno, R. (2018). Pengembangan Media Berbasis Software Macromedia Flash Pada Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas XI SMA. Inovasi Pendidikan, 5(2), 127–133.

Arifin, Zainal, Elvira Destiansari, S. A. (2020). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air Development. Bioedusiana, 5(2), 123–130.

Felintina Yuniarti, Pramesti Dewi, R. S. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Journal of Biology Education, 1(1), 86–94. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.371

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608

İnce, E., Güneş, Z. Ö., Yaman, Y., Kırbaşlar, F. G., Yolcu, Ö., & Yolcu, E. (2015). The Effectiveness of the IUVIRLAB on Undergraduate Students’ Understanding of Some Physics Concepts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1785–1792. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.382

Irmawati, I Nyoman Sudana Degeng, E. T. D. (2017). Multimedia Pembelajaran IPS Materi Kondisi Geografis Wilayah Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 604–609.

Manikowati, Nf., & Iskandar, D. (2018). Pengembangan Model Mobile Virtual Laboratorium Untuk Pembelajaran Praktikum Siswa Sma. Jurnal Kwangsan, 6(1), 23. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p23--42
Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants. MCB University Press, 9(5). https://doi.org/10.1177/1461444818783102

Sukenti, E. (2021). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Sistem Sirkulasi. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2572
Widoyoko, E. P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Published
2023-03-28
How to Cite
Pane, J., Tanjung, I., & Reflina, R. (2023). PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA PRAKTIKUM UJI KANDUNGAN URIN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Jurnal Binomial, 6(1), 29-39. https://doi.org/10.46918/bn.v6i1.1606

Most read articles by the same author(s)