PENGEMBANGAN PANDUAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS RISET PENGOLAHAN LIMBAH ORGANIK MENGGUNAKAN Hermetia illucens
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1536Kata Kunci:
Pengembangan Panduan PjBL, Hermetia illucensAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan Project Based Learning berbasis riset pengolahan limbah organik dengan menggunakan Hermetia illucens atau yang lebih dikenal dengan nama lalat tentara hitam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas empat tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembanagan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Berdasarkan pertimbangan waktu, tenaga dan biaya maka penelitian yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (develpoment). Produk akhir dari penelitian ini adalah buku panduan yang valid. Panduan yang dikembangakan mengacu pada materi biologi pada kelas X yaitu perubahan lingkungan. Data hasil penelitian berupa validitas dari penilaian validator ahli dengan berbagai komponen penilaian terhadap panduan yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa panduan PjBL berbasis riset pengolahan limbah organik menggunakan Hermetia illucens sebagai sumber belajar peserta didik kelas X SMA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid.
Referensi
Adnyawati, N. D. M. S. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar tentang hidangan Bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1).
Ariana, Y., Bestary, R., dan Mohandas, R. 2018. Buku Pengangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan HAK.
Dianasari, T., dan Haryudo, S. I. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Instansi Penerangan Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TIPTL SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).
Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Pedoman Praktikum Ekologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Binomial, 5(1), 13-24.
Monita, L., Sutjahjo, S. H., Amin, A. A., & Fahmi, M. R. (2017). Pengolahan Sampah Organik Perkotaan Menggunakan Larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens). Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 7(3), 227-234
Mutmainah, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Project Based Learning) Terhadap Pencapaian Kompetensi Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta.
Rati, N.W., Kusmaryatni, N. and Rediani, N., 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1).60-71.
Surendro, B. 2017. Belajar Berbasis Riset. Buku Program Seminar Jawa Tengah: Universitas Tidar.
Susilowati, I., Iswari, R.S. and Sukaesih, S. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Journal of Biology Education, 2(1).
Timutiasari, B., Al-Muhdar, dan Suhardi, S. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Modul Program KRPL Untuk Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD Islam Moh. Hatta Malang. Jurnal Pendidikan : Teori Penelitian dan Pengembangan, 1(6).
Wardoyo, S. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia Permata.
Widyantini. 2014. Laporan Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPTK.
Wihardjo, S. D., & Rahmayanti, H. 2021. Pendidikan Lingkungan Hidup. NEMAnggota IKAPI: PT. Nasya Expanding Management.