PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Yanti Taba Lokat Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Riwa Rambu Hada Enda Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1450

Keywords:

Model Picture and Picture, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMPN 1 Wainggai. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Dalam hal ini peneliti memilih nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas VIIIa (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, dan Kelas VIIIb (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran konvensional.  Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Wainggai, semester genap, T.A 2021/2022. Instrumen penelitian berupa tes tertulis sebanyak 20 soal pretest dan 20 soal posttest berbentuk pilihan ganda. Data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (paired sampe t   test) menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data rata-rata nilai postest kelas eksperimen adalah 81.25 dan kelas kontrol adalah 72.50. Hasil pengujian hipotesis dengan uji paired sampel t test diperoleh hasil sig (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP N 1 Wainggai.

References

Daswati. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture. Journal of Education On Social Science. 4(2) 197-210. https://doi.org/10.24036/jess.v4i2

Dahlia. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Ilmiah Edu Research. 10(2), 1-6. DOI: https://doi.org/10.30606/jer.v10i2.1147

Hadi, V.R., Yogica, R., Ardi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kompetensi Belajar Peserta didik Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MAN 3 Pesisir Selatan. J. Pedagogi Hayati. 3(2), 24-31.

Habibi, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3400-3412.

Handayani, N. M Dwi., dkk. (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Of Education Technology. 1(3), 176-182.

Kartiani, B. Sarlita. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2), 2012-2021.

Khotimah, K., & Jaelani, A. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Sehat Dan Lingkungan Tidak Sehat Di Kelas III MI An-Nur Kota Cirebon. Jurnal IJEE. 1(1), 1-16.

Mansur S., Raida, S. A., Putra, S. H. J. (2021). Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Invertebrata. Journal Of Biologi Education. 4(1), 73-79. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe

Murti, W., Maya, S., & Lestari, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Buku Pedoman Praktikum Ekologi Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Binomial, 5(1), 13-24. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1240

Silviah, Wila. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Bakteri Di MAN 1 Tangerang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Telussa, R. Paul. (2020). Peerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Pada Konsep Mobilitas Sosial Di PKBM Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua. Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 8(2),161-171. Doi: https://doi.org/10.30598/pedagogikavo18issue2year2020.

Widyawati, W. Y. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. Jurnal Kredo. 2(2), 226-241

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. (2022). Jurnal Binomial, 5(2), 126-135. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1450