PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI GO TO YOUR POST DIPADUKAN TEKNIK PERMAINAN PAPAN MEMORI

  • Wiwik Wiji Astuti STKIP Pembangunan Indonesia
  • Andi Nurveryani STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Go To Your Post, Papan Memori, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Keristen Pelita Kasih Makassar melalui penerapan strategi Go To Your Post dipadu teknik permainan papan memori. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Pelita Kasih Makassar yang berjumlah 35 orang dimana laki-laki berjumlah 15 orang dan perempuan berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan refleksi untuk mengetahui hasil dari setiap siklus. Teknik pengambilan data yaitu data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar yang diberikan sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Pelita Kasih Makassar yang diajar melalui penerapan strategi Go To Your Post dipadu teknik permainan papan memori yang dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajarnya pada siklus I yakni 72,29 menjadi 84,14 pada siklus II dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa strategi tersebut cocok dilakukan pada materi Biologi di sekolah.

References

Erpanida. (2014). Penggunaan Strategi Go To Your Post Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pada Materi Globalisasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 052 Bukit Raya Kota Pekanbaru. Skripsi (Online). Pekanbaru: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/1766/1/2011_2011629.pdf,

Khotimah P. Rita, Tiara dan Dyah. (2012). Implementasi Strategi Go To Your Post untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika. Skripsi (Online). Surakarta: Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://bit.ly/3oqYnxm,

Landriany, E. (2014). Implementasi Kebijakan Adiwiyata dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 2(1), 82-88. Doi: https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i1.1739

Lestari, P. I., Riyanti, R., Murti, W., Ernawati, E., Nur, R. A., & Ilham, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Eco Garbage Enzyme Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biotek, 9(1), 60-74. https://doi.org/10.24252/jb.v9i1.20135.

Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. https://doi.org/10.24252/jb.v8i2.16119

Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness Of Environmental Learning Model On Students’ Motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 255-263. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i8

Ningsih, W. R. (2016). Penerapan Teknik Pembelajaran Papan Memori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi (Online). Pekanbaru: Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyahfakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/3137/1/FM.pdf,

Nurjamilah, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Papan Memori Terhadap Kemampuan Memahami Pembacaan Cerpen Pada Siswa Kelas XI MA Negeri Bantarkalong Tasikmala. Jurnal Kredo. 2(2): 198-208. http://3342-10391-1-PB.pdf,

Rohani. S (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Go To Your Post untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di XII IPS 1 SMA Negeri 15 Bandung). Skripsi (Online). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/46038/1/S_SEJ_1506692_Title.pdf

Wedasuwari, I. A & Made, A. A. (2018). Pembelajaran Berbasis Academic Writing dengan Strategi Go To Your Post Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Seminar Nasional Riset Inovatif 3(2): 23-34. http://1536-37-1879-1-10-20190126.pdf

Yendri. D. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Go To Yuor Post untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(1): 86-98 https://media.neliti.com/media/publications/258091-penerapan-strategi-pembelajaran-go-to-yu-a6124ef6.pdf
Published
2022-03-27
How to Cite
Astuti, W., & Nurveryani, A. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI GO TO YOUR POST DIPADUKAN TEKNIK PERMAINAN PAPAN MEMORI. Jurnal Binomial, 5(1), 58-68. https://doi.org/10.46918/bn.v5i1.1227