PENGARUH PEMBERIAN PUPUK URINE KELINCI TERHADAP PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH DI KABUPATEN MAROS

Effect of Application of Rabbit Urine Fertilizer on the Production of Red Chili Plant in Maros Regency

  • Andi Nur Imran Program Studi Agroteknologi, STIPER YAPIM Maros
Keywords: Tanaman Cabai Merah, Urine Kelinci, Produksi Tanaman Cabai

Abstract

Urin kelinci dapat dijadikan sebagai pupuk cair organik yang sangat bermanfaat untuk tanaman. Pupuk cair lebih mudah dimanfaatkan tanaman karena unsur-unsur di dalamnya mudah terurai sehingga manfaatnya lebih cepat terasa. Tinja segar kelinci dapat menjadi bahan baku untuk biodigester yang digunakan untuk menghasilkan gas dan efluen untuk meningkatkan hasil panen serta digunakan oleh cacing tanah untuk meningkatkan produksi kascing sebagai pupuk organik.

Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pemberiaan pupuk urine kelinci terhadap produksi tanaman cabai merah, 2) untuk mengetahui konsentrasi pemberiaan pupuk urine kelinci yang memberikan produksi tertinggi pada tanaman cabai. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Selatan, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, dengan waktu Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Juli 2016. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan tujuh perlakuan konsentrasi, dimana masing-masing perlakuan diulang 3 kali, sehingga terdapat 18 unit pengamatan. Apabila hasil analisis menunjukkan signifikan maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf a = 0,05.

Hasil penelitian bahwa 1) jumlah bunga pada tanaman cabai merah untuk pemberian pupuk urine kelinci berpengaruh sangat nyata pada perlakuan pupuk urin kelinci dengan konsentrasi 12 ml/liter (P2), 2) jumlah buah tanaman cabai merah pada pemberian pupuk urin kelinci berpengaruh nyata pada perlakuan pupuk urin kelinci konsentrasi 12 ml/liter (P2), 3) panjang buah tanaman cabai merah untuk pemberian pupuk urin kelinci berpengaruh sangat nyata terhadap panjang buah tanaman cabai merah pada pada perlakuan pupuk urin kelinci konsentrasi 12 ml/liter (P2), 4) bobot buah per pohon tanaman untuk pemberian pupuk urin kelinci berpengaruh nyata terhadap bobot buah per tanaman cabai merah pada perlakuan pupuk urin kelinci konsentrasi 12 ml/liter (P2).

Published
2018-09-23