Survey Kinerja Guru SMK Negeri 1 Makassar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum 2013

Studi tentang Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung

Authors

  • Eni Hartati SMK Negeri 1 Makassar Author

Abstract

Guru sebagai fasilitator dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya harus memilki kinerja yang baik dalam menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, media belajar, sistem penilaian berdasarkan arah kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Namun jika kegiatan pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan,maka masalah kinerja guru tidak akan sesuai dengan harapan dan kenyataan yang ada pada sekolah tersebut. Guru sebagai tenaga pengajar merupakan motor penggerak dalam dunia pendidikanyangsecara langsung mempengaruhi pengembangan kemampuan potensi anak didik menjadi manusia yang cerdas, terampil dan bermoral. Setiap penyelenggaraan jenjang pendidikan pada hakikatnya diarahkan kepada pencapaian tujuan pendidikan nasional, yang  prosesnya dilakukan oleh guru yang tugasnya adalah mengajar, mendidik, melatih dan mengevaluasi anak didik dalam proses belajar mengajar.

Guru adalah elemen kunci dalam sistem pendidikan, oleh karena itu guru harus memiliki pemahaman yang mendasar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah  yaitu kurikulum 2013. Kinerja yang baik merupakan tolak ukur tingkat keberhasilan guru dalam menjalankan tugasnya. Guru perlu merancang dan  membuat rencana pelaksanaan  pembelajaran serta mengaplikasikan nya sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran, agar kinerja guru  terstandar dan terarah  dengan berpedoman pada kurikulum 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru  di SMK Negeri 1Makassar  dalam melaksanakan kinerjanya dengan berpedoman pada kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat sehingga guru ,  khususnya di SMK Negeri 1 Makassar belum maksimal dalam melaksanakan kinerja berdasarkan kurikulum 2013.

Published

20-11-2019

Issue

Section

Pendidikan Matematika

How to Cite

Eni Hartati. (2019). Survey Kinerja Guru SMK Negeri 1 Makassar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum 2013: Studi tentang Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1(1), 11-15. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/semnas/article/view/2814