Analisis Faktor Penentu Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Bank Syariah Di Kabupaten Mamuju

  • Hari Wahyudin Univeritas Sulawesi Barat
  • Muhammad Yusran Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Kata Kunci: Religiusitas, Gaya Hidup, Jasa Bank Syariah

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis determinan pilihan klien untuk memilih pelayanan Perbankan Syariah di Kabupaten Mamuju. Peneliti menggunakan pendekatan kuatitatif dengan melakukan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pada Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri dan Bank Sulselbar Syariah di Kabupaten Mamuju. Teknik sampel dilakukan random sampling, sehingga diperoleh 100 orang responden. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, secara parsial religiusitas memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil penelitian dengan melihat nilai signifikansi yang diperoleh yakni sebesar 0,038 yang berarti 0,038 < 0,05. Demikian juga pada nilai t hitung yang lebih besar dari t table sehingga dinyatakan 2,106 > 1,984. Untuk variabel gaya hidup menunjukkan hasil bahwa, secara parsial gaya hidup memiliki pengaruh positif yang  signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil tersebut dengan melihat nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 lebih berarti 0,000 < 0,05. Demikian juga dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t table yaitu 5,390. Jadi,  5,390 > 1,984. Dari pengujian simultan penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel religiusitas dan gaya hidup memiliki pengaruh positif yang signifikan pada keputusan nasabah untuk memilih jasa perbankan syariah. Hasil tersebut dengan melihat perolehan nilai F hitung 40,084 pada F tabel 3,09. Hasil tersebut berarti 40,084 > 3,09. Demikian juga dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0,00 < 0,05.

 

References

Ancok, D dan Suroso, F.N. (2011). Psikologi Islam. (Solusi Islam atas Problem Psikologi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
Luthan, Fred. (2005). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Muhamad. (2016). Akuntansi Syari’ah Teori dan Praktik Untuk Perbankan Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Otoritas Jasa Keuangan diakses melalui http://ojk.co.id pada tanggal 25 November 2019 pukul 11.00 WITA
Al Quran Al huffaz. Al Quran Hafalan Mudah. Bandung: Cordoba
BPS Mamuju. (2021). Kabupaten Mamuju Dalam Angka 2021. https://doi.org/10.22146/mgi.35166
Kalsum, S. U. M. I., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2019). SYARIAH ( Studi pada Bank Syariah Mandiri KCP . Boyolali ) SYARIAH ( Studi pada Bank Syariah Mandiri KCP . Boyolali ).
Ningsih, J. S. (2017). Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syari’ah. In Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung.
Setiasih, D. P. (2011). Analisis Persepsi, Preferensi, Sikap dan Prilaku Dosen Terhadap Perbankan Syariah (Study Kasus pada Dosen Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang).
Suratno. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Disposible Income Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah FEBI IAIN Purwokerto). Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Wahidah, M. F. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Nasabah Menggunkan Produk Bank Syariah denga Minat Sebagai variabel Intervening (Studi Kasus pada Nasabah BRI Syariah Cabang MT. Haryono Semarang). Skripsi, 18.
Statistik Perbankan Syariah. (2019 Maret) .Diakses melalui http://bi.go.id pada tanggal 25 November 2019 pukul 11.00 WIB
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sunyoto, Danang. (2013). Perilaku Konsumen. Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen. Yogyakarta: CAPS
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Published
2021-06-23
How to Cite
Wahyudin, H., & Yusran, M. (2021). Analisis Faktor Penentu Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Bank Syariah Di Kabupaten Mamuju. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 45-57. https://doi.org/10.46918/point.v3i1.913
Section
Articles