Importance Performance Analysis (IPA) Kinerja Pelayanan Berdasarkan Penilaian Konsumen Online dan Offline

  • ahmad kamal Maiwa Breeding Center Universitas Hasanuddin
  • Sitti Sohrah Universitas Muslim Maros
Keywords: Importance performance analisys (IPA), kinerja pelayanan, konsumen offline, konsumen online

Abstract

Maiwa Breeding Centre (MBC) merupakan salah satu pusat pengembangbiakan sapi lokal di Sulawesi Selatan. MBC memiliki showroom di Universitas Hasanuddin yang bertujuan untuk memasarkan hasil produk peternakan yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan pada showroom MBC berdasarkan penilaian pada 3 varaibel yang diteliti. Variabel tersebut yaitu bukti fisik, jaminan dan empati. Ketiga variabel memiliki masing-masing indikator yang menjeadi penilaian kinerja pada showroom MBC. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021 di Showroom MBC Unhas. Jumlah sampel yang menjadi responden penelitian adalah sebanyak 45 orang yang berasal dari konsumen offline dan konsumen online. Jenis peneilitian ini yaitu deskriptif kuantitaif dengan menggunakan Importance Performance Analisys (IPA) sebagai alat analisis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelayanan offline pada kinerja yaitu 4.17) dan kepentingan yaitu 4.30 sedangakan rata-rata pelayanan online pada kinerja yaitu 4.55 dan kepentingan yaitu 4.64. Hasil ini menunjukkan bahwa ketiga variabel baik menurut responden offline dan online berada pada kuadran B yaitu pertahankan.

Published
2022-03-16
How to Cite
kamal, ahmad, & Sohrah, S. (2022). Importance Performance Analysis (IPA) Kinerja Pelayanan Berdasarkan Penilaian Konsumen Online dan Offline. Jurnal Peternakan Lokal, 4(1), 8-19. https://doi.org/10.46918/peternakan.v4i1.1037