Pelatihan Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Kontekstual bagi Mahasiswa PGSD Universitas Negeri Makassar
DOI:
https://doi.org/10.46918/lestari.v3i1.2738Kata Kunci:
Permainan Tradisional, Pembelajaran Kontekstual, PGSD, Pelatihan Mahasiswa, Budaya LokalAbstrak
Salah satu permasalahan yang dihadapi mitra dalam kegiatan ini adalah rendahnya pemahaman dan keterampilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam mengoptimalkan permainan tradisional sebagai media pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Berdasarkan kondisi tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan berbasis pengalaman langsung kepada mahasiswa agar mereka mampu mengenali, memainkan, serta memodifikasi permainan tradisional menjadi media ajar yang mendukung pengembangan nilai-nilai karakter dan pembelajaran tematik. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara partisipatif melalui tiga tahapan utama, yaitu penyampaian materi, praktik langsung, dan refleksi edukatif.
Hasil kegiatan menunjukkan adanya antusiasme yang tinggi dan partisipasi aktif dari mahasiswa selama pelatihan berlangsung. Mahasiswa tidak hanya memahami nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam permainan tradisional, tetapi juga mampu mengaitkannya dengan mata pelajaran yang relevan di sekolah dasar. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kompetensi pedagogis dan kesadaran kultural mahasiswa PGSD
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahmat Darmawan, Muhammad Nur Abdullah, A. Muh. Ali, A. Muhajir Nasir, Andika Marsuki

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.