Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Ekskresi menggunakan Teknologi Augmented Reality terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik di SMAN 2 Maros

Penulis

  • Shary Dewi Universitas Muslim Maros
  • Rika Riyanti Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2441

Kata Kunci:

Pembelajaran interaktif

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Ekskresi terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik di SMAN 2 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Maros tahun ajaran 2023-2024. Pada pembelajaran biologi konsep sistem ekskresi, peserta didik diajar menggunakan teknologi augmented reality. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains sebanyak 10 item yang tervalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat indikator yang terpenuhi oleh subjek berkategori sangat baik dan baik. Persentase rata-rata Keterampilan Proses Sains berkategori sangat baik pada indikator observasi sebesar 86,97%. Sedangkan persentase rata-rata Keterampilan Proses Sains berkategori baik pada indikator klasifikasi sebesar 73,74%, indikator interpretasi sebesar 61,82%, indikator prediksi sebesar 64,85%, indikator mengajukan pertanyaan sebesar 64,55%, indikator berhipotesis sebesar 69,70% dengan kategori, indikator merencanakan percobaan sebesar 74,85%, indikator menggunakan alat/bahan sebesar 79,39 %, indikator menerapkan konsep sebesar 79,70%, dan indikator mengomunikasikan sebesar 75,45%. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran khususnya untuk keterampilan proses sains memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman peserta didik.

 

Biografi Penulis

Rika Riyanti, Universitas Muslim Maros

Pendidikan Biologi

Referensi

Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. 2021. Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 38, Nomor 1, hal. 30-31.
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapan Nya dalam Penelitian. Education Journal, Volume 2, Nomor 2, hal. 2.
Amalia, D., Rahmadayanti, A., Supriatno, B., & Riandi. 2022. Potensial Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Biologi Abad 21: Literatur Artikel dan Desain Inovasi Media. Best Journal (Biology Education, Science & Technology), Volume 5, Nomor 2, hal. 45.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. 2023. Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Volume 14, Nomor 1, hal. 21.
Andre, M., Nursyamsiah, S., & Huda, H. 2023. Penerapan Pembelajaran Model Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, hal. 4-5.
Aripin, I. & Suryaningsih, Y. 2019. Augmented Reality dalam Pembelajaran Biologi. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Universitas Majalengka, Jln. KH. Abdul Halim No. 103, 8 Agustus 2019.
Aripin, I. & Suryaningsih, Y. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Jurnal Sainsmat, Volume 8, Nomor 2, hal. 48.
Fitriana, Kurniawati, Y., & Utami L. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. Jurnal Tadris Kimiya, Volume 4, Nomor 2, hal. 233.
Fitriani, R., Chen D., Maryani, S., Aldila, F. T., Br. Ginting, A .A., Sehab, N. H., & Wulandari, M. 2021. Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains melalui Kegiatan praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. Journal of Science Education, Volume 5, Nomor 2, hal. 176-177.
Hosch, William L. Augmented Reality (Computer Science), dalam Ensiklopedia Britannica. 21 Juni 2024. Diakses di https://www.britannica.com/technology/augmented-reality tanggal 14 Juli 2024.
Indriani R. & Abidin Z. 2022. Literature Review: Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Wahana Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, hal 140.
Janah, V. K., Mulyana, E. H., & Elan. 2019. Peningkatan Keterampilan Mengomunikasikan melalui Permainan Sains di Kelompok B RA Al-Istiqamah Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, Volume 3, Nomor 2, hal. 144.
Jayawardana, H. B. A. & Gita, R. S. D. 2020. Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi di Era Pandemi COVID-19 dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Gowa, 19 September 2020.
Julianto, T. & Kartikaningrum, R. Strategi Peningkatan Keterampilan Proses Sains menggunakan Desain Pembelajaran Aktif Berbasis Group Investigation. Seminar Nasional LPPM, hal. 172.
Lorenza, Nelisa. 2021. Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan Bantuan Media Roda Putar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII MTs TPI Bandar Betsy. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Moleong, L. J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muis, A., Hardianti, & Faisal. 2023. Analisis Tugas-Tugas Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Buku Teks Biologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal IPA Terpadu, Volume 7, Nomor 3, hal. 393.
Munazir, Reni. 2020. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Sistem Gerak selama Pembelajaran Daring di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
Murdhani, D. A. S., Saraswati, I D. A. I., Sholeh, & Muhammad. 2022. Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Organ Manusia melalui Augmented Reality dengan menggunakan Aplikasi Unity. Jurnal Sutasoma, Volume 1, Nomor 1, hal. 112-113.
Nugrohadi, S. & Anwar, M. T. 2022. Pelatihan Assemblr Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Volume16, Nomor 1, hal. 78.
Nuraini, Kiki. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality terhadap Peningkatan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik pada materi Sistem Pernapasan Kelas VIII di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Nurfaizi, M., Ramdhan, B., & Juhanda, A. 2022. Efektivitas Media Augmented Reality Berbasis Smartphone terhadap Kemampuan Komunikasi Visual dan Motivasi Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Volume 8, Nomor 3, hal. 101.
Pamungkas, Denta Septian. 2020. Efektivitas Media Virtual Reality dan Augmented Reality pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN Mlatiharjo 01 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Saputra, Arifin Dwi. 2020. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 6 dengan menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievemend Division) Kelas V SDN 1 Sumberagung. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Syahmina, Ifrah. 2020. Efektivitas Pembelajaran Biologi pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Skripsi. Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Virginia, Sagita. 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris IPA pada Mata Kuliah Biologi Umum di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno.
Wiranda. 2021. Perancangan Augmented Reality Tata Lokasi Gedung dan Ruangan padan Kampus I UINSU Medan berbasis Andriod. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Wiratman, A., Ajiegoena, A. M., & Widiyanti, N. 2023. Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains: Bagaimana Pengaruhnya terhadap Keterampilan Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08, Nomor 01, hal. 469.
Wulan, D. N., Aini, K., & Nurokhman, A. 2024. Analisis Keterampilan Proses Sains melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Volume 7, Nomor 1, hal. 30.
Yunita, N. & Nurita, T. 2021. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, Volume 9, Nomor 3, hal. 382.

Diterbitkan

2024-10-01

Cara Mengutip

Dewi, S., & Riyanti, R. (2024). Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Ekskresi menggunakan Teknologi Augmented Reality terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik di SMAN 2 Maros. Jurnal Binomial, 7(2), 69–79. https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2441

Terbitan

Bagian

Articles