BAHAN AJAR ELEKTRONIK CANVA VIRUS (BAKCRUS): SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DI ERA KURIKULUM MERDEKA KELAS X3 SMA NEGERI 11 MAROS
DOI:
https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2420Kata Kunci:
Kata kunci: bahan ajar, canva, BAKCRUS, media interaktif, Keywords: teaching materials, canva, BAKCRUS, interactive mediaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar elektronik canva virus sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas X3 SMA Negeri 11 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yakni pada kelas X3 SMA Negeri 11 Maros tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 item. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum perlakuan yang rata-rata= 28,74 dan hasil belajar sesudah perlakuan= 73,24. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh thitungttabel (24,0212,034). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik canva virus dapat digunakan sebagai media interaktif di era kurikulum merdeka kelas X3 SMA Negeri 11 Maros.
Kata kunci: bahan ajar, canva, BAKCRUS, media interaktif
Abstract
This study is a Quasi Experimental study that aims to determine the effectiveness of the use of electronic teaching materials canva virus before and after treatment in class X3 of SMA Negeri 11 Maros. Sampling was carried out by purposive sampling, namely in class X3 of SMA Negeri 11 Maros in the 2023/2024 academic year. The research instrument used was a multiple-choice test of 30 items. The data of this study were analyzed descriptively and inferentially. The results of the data analysis showed that there was a difference between student learning outcomes before treatment which averaged = 28.74 and learning outcomes after treatment = 73.24. Based on the hypothesis test obtained tcount> ttable (24.021> 2.034). The results of the study indicate that electronic teaching materials canva virus can be used as interactive media in the era of the independent curriculum for class X3 of SMA Negeri 11 Maros.
Keywords: teaching materials, canva, BAKCRUS, interactive media
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar elektronik canva virus sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas X3 SMA Negeri 11 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yakni pada kelas X3 SMA Negeri 11 Maros tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 30 item. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum perlakuan yang rata-rata= 28,74 dan hasil belajar sesudah perlakuan= 73,24. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh thitungttabel (24,0212,034). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik canva virus dapat digunakan sebagai media interaktif di era kurikulum merdeka kelas X3 SMA Negeri 11 Maros.
Kata kunci: bahan ajar, canva, BAKCRUS, media interaktif
Abstract
This study is a Quasi Experimental study that aims to determine the effectiveness of the use of electronic teaching materials canva virus before and after treatment in class X3 of SMA Negeri 11 Maros. Sampling was carried out by purposive sampling, namely in class X3 of SMA Negeri 11 Maros in the 2023/2024 academic year. The research instrument used was a multiple-choice test of 30 items. The data of this study were analyzed descriptively and inferentially. The results of the data analysis showed that there was a difference between student learning outcomes before treatment which averaged = 28.74 and learning outcomes after treatment = 73.24. Based on the hypothesis test obtained tcount> ttable (24.021> 2.034). The results of the study indicate that electronic teaching materials canva virus can be used as interactive media in the era of the independent curriculum for class X3 of SMA Negeri 11 Maros.
Keywords: teaching materials, canva, BAKCRUS, interactive media
Referensi
Astuti, T. P., 2019. Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, Volume 3, Nomor 1, hal. 64-73.
Ramadhani, dkk. 2023. Sistematic Literature Riview: Peran media pembelajaran interaktif dan konvensional pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, Volume 1, Nomor 5, hal. 99-114.
Safrida, S., Pandinni, G. F., Setyaningrum, S., Pangestuti, R., Sidik, E. A., Nuraliah, S., ... & Armayanti, A. K. 2023. PENGANTAR BIOLOGI: Teori Komprehensif. Jambi:PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Suminar, D. 2019. Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Volume 2, Nomor 1, hal. 774-783.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. 2022. Efektivitas penggunaan aplikasi CANVA sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2, Nomor 2, hal. 81-90.