EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Penulis

  • Sulfikah Sulfikah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Romi Adiansyah Universitas Muhammadiyah Bone
  • Nurmi Nurmi Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2410

Kata Kunci:

Model Project Based Learning (PjBL), Ecopreneurship, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas model Project Based Learning (PjBL) berbasis ecopreneurship dan melatih kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 18 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA 2 dan XII MIPA 3  dengan jumlah siswa masing-masing 29 dan 27 orang. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control dengan tipe Desaign Group Pre-Test dan Post-Test Design. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh hasil data normal dan homogen. Sedangkan uji hipotesis dilakukan menggunakan Paired Sample Pre-test Post-test diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dimana sig (2-tailed) <0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PjBL berbasis Ecopreneurship efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII SMA Negeri 18 Bone. Model ini mampu mengajarkan siswa untuk lebih aktif dalam belajar, kreativitas siswa makin berkembang melalui proses perancangan proyek, dan siswa lebih mudah dalam menentukan solusi dari masalah kompleks yang terjadi di dunia nyata.

Biografi Penulis

Romi Adiansyah, Universitas Muhammadiyah Bone

FKIP Pendidikan Biologi

Nurmi Nurmi, Universitas Muhammadiyah Bone

Pendidikan Biologi

Referensi

Aprilyanti, S., & Asbari. (2024). Catatan Pendidikan Indonesia: Evaluasi, Solusi, & Ekspektasi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 31–34.
Aureola Dywan, A., & Septian Airlanda, G. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Dan Tidak Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Fardah, D. kinati. (2022). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal Kreano, 3(2), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2616
Febrianti, N., Wahyuni, S., & Muliana. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 13 Bone. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 483–493. https://doi.org/10.31764
Juwanti, Arum Ema Salsabila, Unik Hanifa putri, Cikal Jiwani, Nurany, Alma Livia Dewi, F. N. J. (2020). Project Based Learning (PjBL) untuk PAI Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.752
Leonard, L. (2022). Peran Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 2 No. 1), 248–262. https://doi.org/10.23969/pjme.v2i1.2457
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Pradifta, I., Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2021). Pendekatan Ecopreneurship Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 2017, 56–59.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185.
Syahbana. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Widiyaningsih, susanto dll. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Teknik Membatik Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. 09.
Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika, 17(2), 1–8. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Sulfikah, S., Adiansyah, R., & Nurmi, N. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Jurnal Binomial, 7(2), 12–25. https://doi.org/10.46918/bn.v7i2.2410

Terbitan

Bagian

Articles