PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI AL QUR’AN DAN HADIS DI MAN 2 DELI SERDANG

  • Muhammad Fadhil Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Halimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ulfayani Mayasari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Berbasis Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan strategi pelaksanaan dari implementasi pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik terintegrasi Al-Quran dan Hadist di MAN 2 Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif. Subjek penelitian yaitu Guru biologi, Siswa, Wakil kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi yang sudah divalidasi oleh validator. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran biologi meliputi 2 proses yaitu perencanaan dan strategi pelaksanaan. Perencanaan berupa, guru menyiapkan silabus dan rancangan perencanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan bahan materi, menentukan media pembelajaran. Pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup pembelajaran. 1) Kegiatan pendahuluan berupa mengisi absensi, berdoa dan penyampaian tujuan pembelajaran di kelas, 2) kegiatan inti berupa penyampaian materi terintegrasi Al-Quran dan Hadist, dengan menerapkan pendekatan saintifik, 3) kegiatan penutup berupa penarikan kesimpulan dan pengayaan materi.

References

Abdullah, R. S. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara, 2014, Hlm.173-174. October, 173–174.
Aisyiyah, A. T. P., & Amrizal, A. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Biologi Sma. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(4), 215–223.
Amri, M. N., Rasyidin, A., & Imran, A. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Biologidi Sma Islam Al Ulum Terpadu Medan. Edu Riligia, 1(4), 487–501.
Fadhillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI (Rose KR (Ed.)). Ar-Ruzz Media.
Hariyatmi, & Septiety Denik D. (2020). Implementasi Pendekatan Santifik Guru Biologi SMA Di Boyolali. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.20961/Bioedukasi-Uns.V13i1.38635
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor Ghalia Indonesia.
Murti, W., & Anas, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 8(2), 80-94. Https://Doi.Org/10.24252/Jb.V8i2.16119
Naja, H., Rizqi, A. N., Zahroh, R. D., Mahardika, A. A., & Hidayatullah, A. F. (2021). Integrasi Sains Dan Agama (Unity Of Science) Dan Pengaplikasiannya Terhadap Penerapan Materi Reproduksi Dan Embriologi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 70. Https://Doi.Org/10.20961/Bioedukasi-Uns.V13i2.37660
Nur Hakim, M., & Rahayu, F. D. (2019). Pembelajaran Saintifik Berbasis Pengembangan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–27. Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V2i1.148.
Permendikbud Tahun 2014, Tentang N. 59 T. (2014). Fisika Peminatan Matematika Dan Ilmu-Ilmu Alam. 2, 58.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru (7th Ed.). Rajawali Pers.
Sagala, S. (2013). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Penerbit Alfabeta.
Suryanto, A. (2017). Biologi Dan Metode Ilmiah. Pebi4101/Modul 1, 1–41. Https://Pustaka.Ut.Ac.Id/Lib/Wp-Content/Uploads/Pdfmk/PEBI4101-M1.Pdf
Ummu Rahmatika, A. (2017). Pemetaan Pembelajaran Biologi Berbasis Scientific Approach Di Sma Negeri 1 Binjai UMMU. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 NO.1(1,2), 028 – 035.
Published
2023-09-30
How to Cite
Fadhil, M., Halimah, S., & Mayasari, U. (2023). PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERINTEGRASI AL QUR’AN DAN HADIS DI MAN 2 DELI SERDANG. Jurnal Binomial, 6(2), 101-112. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1799