SOLUSI NUMERIK MENGGUNAKAN METODE DUFORT FRANKEL PADA PERSAMAAN ADVEKSI-DIFUSI 2D DENGAN KOEFISIEN VARIABEL

  • Gigieh Dwihutomo
Keywords: Adveksi-difusi, metode DuFort Frankel, Stabil, Konsisten, Konvergen, Domain tidak teratur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi numerik persamaan Adveksi-Difusi 2D transfer polutan dengan koefisien variabel menggunakan metode DuFort Frankel.

Penyelesaian numerik pada penelitian ini dimulai dari domain yang sederhana. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan solusi analitiknya. Kemudian metode dan hasil yang ada digunakan untuk memecahkan masalah adveksi-difusi pada domain tidak teratur yang lebih rumit. Dalam melakukan perhitungan numerik dan menampilkan gambar simulasi digunakan bantuan software MATLABĀ  R2014a.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Dufort Frankel telah stabil (conditionally stable), konsisten, dan konvergen dalam menyelesaikan persamaan adveksi difusi 2D dengan koefisien adveksi berupa variabel.

Published
2019-10-02
How to Cite
Dwihutomo, G. (2019). SOLUSI NUMERIK MENGGUNAKAN METODE DUFORT FRANKEL PADA PERSAMAAN ADVEKSI-DIFUSI 2D DENGAN KOEFISIEN VARIABEL. Jurnal Axiomath : Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 1(2), 6-13. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/axiomath/article/view/301
Section
Articles