Strategi Pengembangan Produk UMKM Pada Sektor Pertanian Berbasis Kue Tradisional Jipang (Studi Kasus Toko Anugrah Kelurahan Pekkabata Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang)
DOI:
https://doi.org/10.46918/pejptc92Keywords:
UMKM, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Kue Tradisional JipangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dalam strategi pengembangan usaha kue tradisional jipang pada toko Anugrah. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pekkabata Kecamatan Duampanuan Kabupaten Pinrang selama 1 bulan terhitung mulai Juli – Agustus. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif menggunakan dengan analisis strength, weakness, opportunity dan thread (SWOT). Responden penelitian ini berasal dari ahli pakar, pemilik usaha, dan 3 orang konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi usaha kue tradisional kue tradisional jipang toko Anugrah berada pada kotak sel I, yang menggunakan metode SWOT. Nilai IFAS berada pada titik 3,16 dan nilai EFAS 3,17 yang menggambarkan bahwa usaha kue tradisional jipang pada toko Anugrah tumbuh kembang, selanjutnya berdasarkan matriks SWOT posisi usaha berada pada sumbu X dengan titik 1,88 dan sumbu Y 1,99 yang terdapat pada kuadranI. Hal ini menunjukkan bahawa usaha tersebut berada pada posisi kuat dan menggunakan strategi agresif (SO), yaitu tingkatkan dan kembangkan kualitas dan kuantitas produk, selalu menciptakan inovasi baru dalam usaha, memanfaatkan jejaring sosial dan promosi digital marketing
References
David, 2006. Manajemen strategi.Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat
Fadhilah, R., & Pratiwi, R. (2021). Strategi Pemasaran Marketing Mix Universitas Muhammadiyah Gresik.
Fitriana, E. (2022). Manajemen Strategi Pengembangan Usaha Kue Kipang Tiga Saudara di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Manajemen UMKM, 4(1), 55–65.
Harmony Accounting. (2020). Panduan Pengelolaan Keuangan UMKM.
Jefri, Ulfi & Ibrohim (2021) Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menegah(UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banteng, Jurnal Manahemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 7 No 1.
Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Pers. Kotler, P. (2000). Marketing Management. Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-commerce 2020: Business, Technology, Society. Pearson.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi, cetakan ke-37).
Bandung: Remaja Rosdakarya. ISBN 979-514-051-5
Putri, A. S., & Rachmawati, N. (2021). Strategi Pengembangan Produk UMKM Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Daerah, 9(1), 12–23.
Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2013). Strategic Management: Planning for Domestic & Global Competition. McGraw-Hill.
Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membeda Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rapini, E., Sahat, H., & Maulidya, S. (2020). Strategi Pengembangan Produk Jipang Berbasiskan Pelatihan Manajemen Usaha dan Pemasaran yang Kreatif. Jurnal Aksi Pemberdayaan, 5(1), 22–29.
Santoso, B. (2018). Strategi Inovasi Produk UMKM: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sugiyanto, S., Putri, A., & Kartolo, R. (2021), Potensi Kekayaan Intektual Pada Pemberdayaan Umkm Dan Koperasi Kota Tangerang Selatan, Proceedings Universitas Pamulang, Vol. 1 No. 1. pp. 502-520.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D (Edisi 21).
Bandung: Alfabeta.
Suhartini, Ade (2024), Strategi Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Syariah antara Peluang dan tantangan, Vol 21 No 01 pp 264-384.
Supardi, S., Nugraha, N. M., Susanti, N., Sumantri, M. B. A., & Mukhlis, T. I. (2021),
PELUANG DAN PERUBAHAN CARA BERPIKIR SAAT PANDEMIK
(Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa Barat), Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol. 3 No. 2, 162-168.
Utami, S. (2019). Inovasi Produk Tradisional dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM: Studi Kasus Kue Jipang. Jurnal Inovasi Ekonomi Kreatif, 7(2), 34– 42.
Wijayanti, R. (2020). Pengembangan Produk Pangan Lokal Berbasis Pertanian.
Agroindustri, 5(3), 55–64.
Yulianingsih. (2021). Effect of Business Characteristics and Business Capital Towards the SMEs Success in Bogor City, Indonesia. International Journal of Enterprise Network Management, 12(4), 382–395.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Junaedi, Dr. Nurhapsah, S.P., M.Si, Irninthya Nanda Pratami Irwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.