PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding <div style="text-align: justify;">Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros terbit sekali setahun. Semua artikel&nbsp; <a title="pafimemet.org" href="https://pafimemet.org/" target="_blank" rel="noopener">pafimemet.org</a>&nbsp;atau tulisan dalam prosiding ini telah diseminarkan dalam forum seminar nasional. Redaksi menerima naskah berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian&nbsp;<a title="dajjal.us" href="https://dajjal.us/" target="_blank" rel="noopener">dajjal.us</a> yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan.</div> <div style="text-align: justify;"><strong>Diterbitkan : FKIP Universitas Muslim Maros</strong><br><strong>ISSN : 2715-4866<br></strong></div> <div style="text-align: justify;"><strong>Alamat Redaksi:&nbsp;</strong>Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, Sulawesi Selatan 90511<br>Email: semnasfkip@umma<a title="pafimemet.org" href="https://pafimemet.org/" target="_blank" rel="noopener">.</a>ac<a title="dajjal.us" href="https://dajjal.us/" target="_blank" rel="noopener">.</a>id <br>Website: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding</div> <div style="text-align: justify;">&nbsp;</div> <p style="display: none;"><a href="https://pajak.bpkad.jatengprov.go.id/pajak/santuy-robo/" rel="dofollow">robopragma</a><a href="https://fisip.unila.ac.id/wp-includes/customize/akun-thailand/" rel="dofollow">slot server thailand</a><a href="https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/jepang/" rel="dofollow">akun pro jepang</a><a href="https://fisip.unila.ac.id/wp-includes/customize/sv388-ayam/" rel="dofollow">https://fisip.unila.ac.id/wp-includes/customize/sv388-ayam/</a><a href="https://heylink.me/santuy4D.situsgacor.com/" rel="dofollow">santuy4d</a><a href="https://kakeknakal.info/" rel="dofollow">kkn777</a><a href="https://tarbiyah.uit-lirboyo.ac.id/wp-content/uploads/data-china/" rel="dofollow">data china</a><a href="http://lms.bebras.polinema.ac.id/analytics/santuygacor/" rel="dofollow">http://lms.bebras.polinema.ac.id/analytics/santuygacor/</a><a href="https://fisip.unila.ac.id/wp-includes/customize/idnslot/" rel="dofollow">idnslot</a><a href="https://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/data-japan/" rel="dofollow">https://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/data-japan/</a><a href="https://syariah.uit-lirboyo.ac.id/wp-includes/widgets/slot-pulsa/" rel="dofollow">https://syariah.uit-lirboyo.ac.id/wp-includes/widgets/slot-pulsa/</a><a href="https://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/hacslot/" rel="dofollow">https://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/hacslot/</a></p> en-US semnasfkip@umma.ac.id (Editorial) amuhajirnasir@umma.ac.id (A. Muhajir Nasir) Wed, 04 Dec 2019 00:00:00 +0700 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Sarana, Iklim Sekolah, dan Motivasi terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/348 <p style="text-align: justify;">Peningkatan minat baca sangat penting sejak dini, melalui peningkatan minat baca mutu pendidikan meningkat. Tujuan penelitian untuk mengatahui pengaruh sarana, iklim sekolah, motivasi terhadap minat baca. Observasi siswa kelas III SDN 82 Pattene terdapat 9 siswa tidak tau membaca. Jenis penelitiannya <em>ex-po</em><em>st facto </em>sifatnya <em>korelasional.</em> Teknik pengumpulan data berupa angket. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui analisis jalur. Hasil menunjukkan hanya iklim sekolah yang memberi pengaruh peningkatan minat baca. tampak pada uji kelinieran regresi. Variabel iklim sekolah (X2) t<sub>Hitung</sub> 2,816 &gt; t<sub>Tabel</sub> 2,008 disimpulkan H2 atau hipotesis kedua diterima. Artinya ada pengaruh iklim sekolah (X2) terhadap minat baca (Y), variabel sarana (X1) t <sub>Hitung</sub> 1,625 &lt; t<sub>Tabel</sub> 2,008 disimpulkan H1 atau hipotesis pertama ditolak. Artinya tidak ada pengaruh sarana (X1) terhadap minat baca (Y). Variabel motivasi (X3) t <sub>Hitung</sub> 0,418 &lt; t<sub>Tabel</sub> 2,008 disimpulkan H3 atau hipotesis ketiga ditolak. Artinya tidak ada pengaruh motivasi (X3) pada minat baca (Y).</p> Ahmad Ali Akbar, Syafruddin Syafruddin, Andi Sukri Syamsuri ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/348 Sun, 01 Dec 2019 09:56:32 +0700 Survey Kinerja Guru SMK Negeri 1 Makassar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum 2013 https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/349 <p style="text-align: justify;">Guru sebagai fasilitator dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya harus memilki kinerja yang baik dalam menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, media belajar, sistem penilaian berdasarkan arah kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Namun jika kegiatan pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan,maka masalah kinerja guru tidak akan sesuai dengan harapan dan kenyataan yang ada pada sekolah tersebut. Guru sebagai tenaga pengajar merupakan motor penggerak dalam dunia pendidikanyangsecara langsung mempengaruhi pengembangan kemampuan potensi anak didik menjadi manusia yang cerdas, terampil dan bermoral. Setiap penyelenggaraan jenjang pendidikan pada hakikatnya diarahkan kepada pencapaian tujuan pendidikan nasional, yang&nbsp; prosesnya dilakukan oleh guru yang tugasnya adalah mengajar, mendidik, melatih dan mengevaluasi anak didik dalam proses belajar mengajar.</p> <p style="text-align: justify;">Guru adalah elemen kunci dalam sistem pendidikan, oleh karena itu guru harus memiliki pemahaman yang mendasar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah&nbsp; yaitu kurikulum 2013. Kinerja yang baik merupakan tolak ukur tingkat keberhasilan guru dalam menjalankan tugasnya. Guru perlu merancang dan&nbsp; membuat rencana pelaksanaan&nbsp; pembelajaran serta mengaplikasikan nya sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran, agar kinerja guru &nbsp;terstandar dan terarah&nbsp; dengan berpedoman pada kurikulum 2013.</p> <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru&nbsp; di SMK Negeri 1Makassar &nbsp;dalam melaksanakan kinerjanya dengan berpedoman pada kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat sehingga guru , &nbsp;khususnya di SMK Negeri 1 Makassar belum maksimal dalam melaksanakan kinerja berdasarkan kurikulum 2013.</p> Eni Hartati ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/349 Sun, 01 Dec 2019 09:59:13 +0700 Pengaruh Strategi Multiple Intelegences terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/350 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>multiple intelligences</em> strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah (<em>non-equivalent control group</em><em>)</em>. Kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dengan menggunakan strategi <em>multiple intelligences, </em>satu kelas hanya menggunakan strategi pendekatan konvensional. Data hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi <em>multiple intelligences</em> yang ini ditunjukkan untuk kelas eksperimen dengan nilai (1.42 ≤ 1.75) dan kelas kontrol (1.686) sedangkan &nbsp;1.81 ≤ 2.14)). Jadi ada pengaruh <em>multiple intelligences</em> strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik di buktikan dengan nilai peserta didik yang meningkat.</p> Hardiyanti R., Abd. Aziz, Idawati Idawati ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/350 Sun, 01 Dec 2019 10:02:24 +0700 Implementasi Pembalajaran Holistik dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/351 <p style="text-align: justify;">Pendidikan merupakan suatu bentuk pendidikan yang bertujuan untuk membangun dimensi manusia, yaitu untuk membangun seluruh dimensi sosial, emosional, motorik, akademik, spiritual, dan kognitif sehingga membentuk insan kamil. Pembelajaran holistik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang membangun manusia secara keseluruhan dan utuh dengan mengembangkan semua potensi manusia yang mencakup potensi sosial-emosional, potensi intelektual, potensi moral (karakter), kreatifitas, dan spiritual.</p> <p style="text-align: justify;">Konsep dasar pembelajaran holistik (<em>holistic learning</em>) yaitu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemahaman informasi dan mengkaitkannya dengan topik-topik lain sehingga terbangun kerangka pengetahuan. Pembelajaran holistik memandang manusia secara utuh, dalam arti manusia dengan unsur kognitif, afeksi dan perilakunya. Manusia juga tidak bisa berdiri sendiri, namun terkait erat dengan lingkungannya. Dalam pembelajaran holistik, diterapkan prinsip bahwa siswa akan belajar lebih efektif jika semua aspek pribadinya (pikiran, tubuh dan jiwa) dilibatkan dalam pengalaman siswa.</p> <p style="text-align: justify;">Pembalajaran holistik sangat berkontribusi dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa karena pembelajaran holistik mengandung kesatuan pendidikan jasmani-rohani, mengasah kecerdasan intelektual-spiritual (emosional)-ketrampilan, kesatuan materi pendidikan teoritis-praktis, kesatuan materi pendidikan pribadi-sosial-ketuhanan. Juga tidak melihat manusia dari aktivitasnya yang terpisah pada bagian-bagian tertentu, namun merupakan mahluk yang bersifat utuh dan tingkah lakunya tidak dapat dijelaskan berdasarkan aktivitas bagian-bagiannya. Tidak hanya melalui potensi intelektualnya saja, namun juga dari potensi spiritual dan emosionalnya.</p> Herman Sunusi ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/351 Sun, 01 Dec 2019 10:05:16 +0700 Lingkungan Pembangunan SDM Sektor Industri melalui Pendidikan Vokasi https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/352 <p style="text-align: justify;">Dalam rangka penyiapan sumber daya manusia industri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI tengah mengidentifikasi kesiapan seluruh sektor industri di seluruh Indonesia untuk mengimplementasikan sistem Industri 4.0 dalam aktivitas industrinya sesuai dengan potensi industri di wilayah masing-masing. Tulisan ini mencoba mengidentifikasi kondisi lingkungan bisnis dalam upaya&nbsp; pemenuhan pembangunan SDM industri dalam melalui pendidikan vokasi menuju industri 4.0. Dasar pengembangan SDM industri akan dikaji berdasarkan pemangku kepentingan yang fokus pada lingkungan eksternal. Sasaran yang dituju adalah diperoleh pemetaan lingkungan vokasi serta rekomendasi untuk kajian lanjutan.</p> <p style="text-align: justify;">Melalui analisis PESTEL, perumusan kebijakan dan perencanaan program pembangunan khususnya di bidang sumber daya manusia industri harus terarah. Skema yang&nbsp; diperlukan persiapan di tingkat regional dan nasional yang melibatkan pihak industri, dunia pendidikan dan stakeholder lainnya. Kemudian, Kementerian Perindustrian juga perlu melakukan pemetaan sektor dan jenis pekerjaan yang dapat efektif meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan PDB.</p> Intan Maria Lewiayu Vierke ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/352 Sun, 01 Dec 2019 10:07:15 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Konsep Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/353 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (<em>research and development</em>) yang menghasilkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis<em> Powerpoint </em>yang valid dan praktis untuk siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Model pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D-Model), yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: <em>define </em>(pendefinisian), <em>design </em>(perancangan), <em>develop </em>(pengembangan) dan <em>dessiminate </em>(penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gaddong I Makassar dengan subjek penelitian 34 siswa dan 1 guru kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Adapun teknik pengumpulan data digunakan instrumen lembar observasi dan angket respon siswa dan guru. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif. Statistik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis kevalidan dan instrumen yang digunakan dalam peneletian. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan valid dan sahih sehingga layak uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan. Hasil uji coba menunjukka bahwa media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Powerpoint praktis karena telah memenuhi keriteria dengan hasil: 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan, 2) guru memberikan respon poitif/sangat baik dan, 3) siswa memberikan respon positif/baik terhadap media pembelajaran. Dengan demikian makamedia pembelajaran ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran di SD Negeri Gaddong I Makassar khususnya&nbsp; pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).</p> Irfan Irfan, Muhiddin Muhiddin, Evi Ristiana ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/353 Sun, 01 Dec 2019 10:09:48 +0700 Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/354 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan siswa terhadap pembelajaran yang selama ini dirasa sangat membosankan khususnya pada mata pelajaran IPS. Guru lebih menekankan pada hafalan dan pembelajaran rutin dengan mengandalkan buku paket, siswa kurang dididik untuk berpikir berdasarkan apa yang telah ia dapatkan dalam pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran <em>problem based learning</em> terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPS siswa pada tema pahlawan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain <em>nonequivalent control group design</em>. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa dengan populasi seluruh siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara <em>purposive</em> sampling atau sampel yang disengaja, sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.0 for windows dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 67,50 dan kelas kontrol 46,35. Nilai uji normalitas pretest yang diperoleh kelas eksperimen 0,009 dan kelas kontrol 0,083 untuk uji homogenitas pretest memiliki nilai signifikan 0,125. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 90,71 dan kelas kontrol 79,61 normalitas posttest kelas eksperimen 0,229 dan kelas kontrol 0,282 sedangkan homogenitas posttest kedua kelas 0,563 dan untuk nilai uji-t posttest memiliki signifikansi 0,006. Hasil wawancara diperoleh jawaban positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model <em>problem based learning</em>. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model <em>problem based learning</em> dapat meningkatkan keterampilan proses hasil belajar IPS siswa terhadap materi pembelajaran.</p> Irfandi Idris, Syarifuddin Cn. Sida, Idawati Idawati ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/354 Sun, 01 Dec 2019 10:14:45 +0700 Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Peserta Didik MI Madani Alauddin Pao-Pao https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/355 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa penerapan Pendidikan Karakter kini sudah mulai dicanagkan oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah maka dari itu perlu diteliti mengenai keberhasilan pada pelaksanaan penerapan pendidikan karakter tersebut. Guru mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penananaman nilai-nlai ini untuk meciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia, guru dipercaya mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Dalam pembelajaran di kelas, guru berhadapan dengan sejumlah peserta didik yang semuanya ingin diperhatikan. Peserta didik akan berkembang secara optimal melalui perhatian guru yang positif, sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi.</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menumbuhkan nilai karakter peserta didik, Kepala Madrasah dan stack Holder merumuskan dan merencanakan program-program pembiasaan di sekaolah baik di dalam maupun di luar kelas. Perencanaan tersebut kemudian direalisasikan setiap hari seperti menjemput kedatangan peserta didik, Murojaah Hafalan surah-</p> <p style="text-align: justify;">surah, Mengaji, Shalat duha dan shalat duhur secara berjamaah. Selain program unggulan yang diterapkan di Madrasah, Guru kelas memiliki strategi tertentu dalam menumbuhkan nilai karakter peserta didik seperti Kultum setalah shalat Duha, Membaca Ayat Kursi, Budaya Literasi, Ice Breaking disela-sela pembelajaran, Sabtu sehat dan gizi juga penumbuhan karakter lainnya. Tidak hanya sekedar strategi yang diterapkan, melainkan guru kelas melakukan evaluasi kegiatan baik lisan maupun tulisan, juga dilakukan evaluasi melalui komunikasi oleh orangtua peserta didik.</p> Junaedi Junaedi ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/355 Sun, 01 Dec 2019 10:16:46 +0700 Pembelajaran Kearifan Lokal https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/356 <p style="text-align: justify;">Kearifan lokal atau sering disebut <em>local wisdom</em> dapat dipahami usaha manusia dapat dipahami sebagai usaha manusia dengan menggunakan akal budinya (kognisi) untuk bertindak dan bersikap terhadap sesuatu, objek, atau peristiwa yang terjadi dalam ruang tertentu.</p> <p style="text-align: justify;">Pendidikan berbasis kearifan lokal adalah pendidikan yang mengajarkan peserta didik untuk selalu lekat dengan situasi konkret yang mereka hadapi. Pendidikan bebasis kearifan lokal sebenarnya adalah bentuk refleksi dan realisasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yaitu pasal 17 ayat 1 yang menjelaskan bahwa kurikilum tingkat satuan pendidikan SD-SMA, atau bentuk lain yang sederajat dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, sosial budaya, dan peserta didik.</p> <p style="text-align: justify;">Penguatan metode pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat dimulai dari optimalisasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal misal melalui pembelajaran sastra daerah. Penekanan Afektif pada Kurikulum 2013 serta pembelajaran yang tematik integratif akan sangat memberi dukungan pada pendidikan karakter dalam pembelajaran. Pembelajaran yang bersifat praktik terpadu dan kontekstual dapat memberi sumbangsih dalam menangkap isu-isu kearifan lokal dalam kebudayaan. Pengangkatan terhadap kearifan lokal daerah perlu diakomodatif, terlebih jika melihat sastra daerah di bangsa yang multikulutur seperti Indonesia harus digali kembali. Pembelajaran sastra berbasis pembelajaran kontekstual sangat relevan untuk diterapkan.</p> Kaimuddin Kaimuddin ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/356 Sun, 01 Dec 2019 10:18:31 +0700 Pengembangan Buku Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/357 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang memenuhi kriteria dan kualitas. Buku ajar ini sebagai penunjang perkuliahan statistika guna meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep statistika sehingga mahasiswa memiliki ketrampilan analisis data dengan software R secara mandiri. Prosedur pengembangan buku ajar ini terdiri atas 4 tahap yaitu : pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.. Materi buku ajar sesuai dengan rencana pembelajaran statistik yang ditampilkan dengan contoh dan software dengan R. Hasil penelitian yaitu (1) penilaian reviewer diperoleh skor validitas isi buku ajar adalah 0,81 yang berarti bahwa validitas isi buku ajar termasuk kategori tinggi dengan reliabilitas 0,89, sehingga buku ajar layak untuk digunakan sebagai alat penunjang kegiatan pembelajaran statistika matematika;(2) Buku ajar ini memiliki kriteria sangat praktis. Hal ini di jelaskan pada hasil uji kepraktisan oleh mahasiswa sehingga buku ajar layak digunakan pada perkuliahan statistika matematika; (3) Tidak ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item motivasi belajar mahasiswa diperoleh yaitu 0,24 berada pada kategori rendah; (4) Tidak ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item pemahaman konsep mahasiswa diperoleh yaitu 0,25 berada pada kategori rendah.</p> Muhammad Taqwa, Akbar Taufik ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/357 Sun, 01 Dec 2019 10:19:47 +0700 Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving pada Murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/358 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas V SDN Sudirman III Makassar dengan menggunakan pendekatan <em>problem solving</em>. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas <em>(classroom action research)</em> dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi secara berulang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, dengan penerapan <em>problem solving.</em></p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pembelajaran dengan pendekatan <em>problem solving</em> memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar IPS dan terjadi perubahan sikap yang positif bagi murid kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar selama pelaksanaan tindakan. Hal ini dapat terlihat pada hasil belajar IPS murid kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar melalui pembelajaran pendekatan <em>problem solving</em> mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I adalah 61,40 kemudian meningkat menjadi 88,40 dari skor ideal yang munkin dicapai setelah dilaksanakannya tindakan kelas pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar murid kelas V SD Negeri Sudirman III Makassar meningkat, karena pada pelaksanaan siklus I dari 38 murid sebanyak 20 murid (62,50 %) mencapai ketuntasan hasil belajar IPS.Sedangkan pada siklus II,31 murid (81,60 %) mencapai ketuntasan hasil belajar IPS.</p> Nur Afni ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/358 Sun, 01 Dec 2019 10:47:27 +0700 Survey Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa Sekolah Dasar https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/359 <p style="text-align: justify;">Guru wajib mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didiknya. Ini dibutuhkan disetiap cabang olahraga sesuai dengan pola gerak olahraga yang dilakukan oleh peserta didik tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani peserta didik di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif.Populasinya adalah keseluruhan siswa SD Inpres Tamamaung III Makassar. Sampel yang digunakan adalah murid sebanyak 60 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak dengan cara undian (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesegaran jasmani murid SD Inpres Tamamaung III Makassar berkategori sedang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang tingkat kesegaran jasmani dan perkembangan kemampuan fisik anak usia sekolah dasar sesuai dengan kelompok usianya</p> Nurhikmah Nurhikmah ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/359 Sun, 01 Dec 2019 10:49:23 +0700 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sendana https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/360 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan bentuk nonequivalen control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sendana tahun ajaran 2019/2020. Dimana kelas XI. IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI. IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan perhitungan statistik. Analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (independen samples test) dengan nilai hasil t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel</sub> (3,378 &gt; 1,996) yang berarti menolak H<sub>0 </sub>dan menerima H<sub>1. </sub>Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer ada pengaruh dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif biasa.</p> Rismawati Rismawati, Nurmiati Nurmiati ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/360 Sun, 01 Dec 2019 10:51:06 +0700 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kepulauan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA pada Materi Pokok Sistem Koloid https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/361 <p style="text-align: justify;">Penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal masyarakat kepulauan ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran proses pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal msyarakat kepulauan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu <em>define, design, develop dan disseminate</em>. Penelitian ini terbatas hanya sampai tahap <em>develop</em> yaitu pada tahap uji coba terbatas yang dilaksanakan di SMAN 1 Liukang Tupabbiring Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkep kelas XI IPA tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran kimia berbasis KLMK sudah valid dengan koefisien validitas perangkat sebesar 1, praktis dengan nilai kemampuan pendidik mengelolah pembelajaran sebesar 3,45 kategori baik, nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran 3,64 kategori kepraktisan tinggi, respon pendidik sebesar 3,45 kategori cukup praktis dan revisi sebagian dan respon peserta didik sebesar 95 % merespon positif serta efektif dengan nilai hasil belajar kognitif 70 % mencapai ketuntasan, pengamatan sikap dan keterampilan masing-masing 90 % kategori baik, nilai motivasi peserta didik 35 % kategori tinggi, 30 % kategori sedang dan 35 % kategori rendah.</p> Setiawati Setiawati ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/361 Sun, 01 Dec 2019 10:52:14 +0700 Penggunaan Modem Klise dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Gowa https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/362 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini adalah penelitian pengembangan <em>(Research and Development</em>), yang bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan melalui pendekatan budaya lokal daerah, pembelajaran seni kriya terapan nusantara seperti kriya <em>Bosara’</em> dengan menggunakan Modem Klise yaitu Penggunaan Modul Pembelajaran Kreasi limbah sekolah sepetti kreasi dari bahan plastik sebagai salah satu program perancangan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan</p> <p style="text-align: justify;">Modem Klise di sekolah yang digunakan sebagai metode dan media pembelajaran dalam pembuatan seni kriya Bosara’ sebagai salah satu karya lokal Makassar yang dirancang dengan memodivikasi kreasi daur ulang limbah kertas dan plastik yang valid, efektif dan praktis untuk&nbsp; siswa SMP dan SMA sederajat. Pengembangan Modem Klise ini dalam pembelajaran diuji coba pada tahap uji coba satu-satu yang melibatkan 3 orang siswa, tahap uji coba kelompok kecil yang melibatkan 6 orang siswa dan tahap uji coba kelompok besar 39 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah lembar wawancara, lembar observasi, angket untuk guru mata pelajaran, angket untuk siswa dan lembar penilaian. Teknik analisis data yang digunakan ialah data kuantitatif yang diperoleh dari angket kemudian diolah dan dikonversi ke dalam bentuk data kualitatif. Hasil pengembangan modul pembelajaran kreasi limbah sekolah menjadi kriya Bosara’ dengan menggunakan bahan dasar limbah sekolah yaitu kertas dan plastik menunjukkan bahwa modul pengembangan pembelajaran kearifan lokal yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran membuat karya seni kriya Bosara’ dengan teknik dan corak daerah setempat, khususnya pembelajaran Seni Budaya dan keterampilan di kelas VIII SMPN 3 Pattallassang dan di kelas XI SMAN 1 Bontomarannnu Kabupaten Gowa.</p> Sitti Suryani, Bungmawar Bungmawar ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/362 Sun, 01 Dec 2019 10:55:01 +0700 Implikasi Pelajaran Pendidikan Islam terhadap Afeksi Peserta Didik https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/363 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini untuk mengetahui apakah pelajaran pendidikan Islam memiliki implikasi terhadap afeksi peserta didik pada aspek moral dan etika. Jika memiliki implikasi maka sejauh mana implikasi itu terhadap peserta didik yang dinilai berdasarkan hasil implementasi afeksi tersebut melalui tindakan. Penelitian ini mengambil lokasi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Bulukumba dengan metode kualitatif deskriptif dan teknik penarikan sampel menggunakan teknik <em>purposive </em>dan <em>snowball sampling</em>. Data pada penelitian ini, dikumpulkan menggunakan teknik oberservasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner yang kemudian di analisis dengan langkah reduksi, penyajian lalu verifikasi untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa pelajaran pendidikan Islam disekolah pada aspek moral dan etika tidak berimplikasi secara penuh dengan baik pada afeksi peserta didik. Afeksi peserta didik seperti moral dan etika lebih cenderung berasal budaya lingkungannya sehingga afeksi moral dan etika peserta didik terimplikasi dari budayanya yang telah ada dan berkembang seiring dengan berulang kalinya budaya tersebut dilakukan oleh peserta didik meskipun kebenaran pengetahuannya dikonfirmasi melalui pengetahuan pendidikan Islam disekolah.</p> Suardi M. ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/363 Sun, 01 Dec 2019 10:57:35 +0700 Pengaruh Latihan Variasi Tiang Rintang terhadap Keterampilan Shooting dalam Permainan Futsal pada Mahasiswa Universitas Megarezky https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/364 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan&nbsp; untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan variasi tiang rintang terhadap keterampilan akurasi <em>shooting</em> dalam permainan futsal pada mahasiswa Universitas Megarezky.</p> <p style="text-align: justify;">Penelitian ini adalah jenis penelitian eskperimen yang menggunakan rancangan penelitian <em>Pre-eksperimental designs</em> (<em>nondesigns</em>) dengan <em>one group pretest and posttest design</em>. Populasinya adalah atlet futsal putra Universitas Megarezky sebanyak 25 orang. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian dengan memberikan tes awal (<em>pretest</em>) lebih dahulu, kemudian diberi perlakuan dengan permainan target (<em>treatment</em>), setelah itu diberi tes akhir (<em>posttest)</em>. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik <em>sampling jenuh</em> (<em>total sampling</em>). Teknik analisis data yang digunakan adalah diuji normalitas, homogenitas dan uji-<em>t</em>. pada taraf signifikan 5%.</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh variasi tiang rintang terhadap keterampilan akurasi <em>shooting, </em>yaitu diperoleh t-hitung sebesar 2,559&gt; t-tabel sebesar 2,059 sedangkan nilai signifikan 0,012&lt; α 0,05. Karena tingkat signifikan lebih kecil daripada α 0,05, maka ada pengaruh yang signifikan data <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> keterampilan akurasi <em>Shooting</em> dalam permainan futsal mahasiswa Universitas Megarezky. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata <em>posttest</em> lebih besar dibanding dengan nilai <em>pretest</em> atau (21.08 : 25.28) dengan selisih (4,20). Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latian vasriasi tiang rintang terhadap keterampilan akurasi <em>Shooting</em> dalam permainan futsal Mahasiswa Universitas Megarezky.</p> Suhardianto Suhardianto, Agus Ismail ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/364 Sun, 01 Dec 2019 11:03:45 +0700 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada Mata Pelajaran Tematik tentang Sikap Saling Menghormati dan Menghargai Antarsuku Bangsa dan Budaya di Indonesia Kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/365 <p style="text-align: justify;">Apakah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda dan Bagaimanakah perubahan perilaku/aktivitas belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda.</p> <p style="text-align: justify;">Penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan Kelas dengan focus penelitian aktivitas dan hasil belajar siswa. kelas VA SD Inpres Unggulan BTN Pemda.</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar siswa 15 atau 37,5 % siswa mendapatkan nilai diantara 85-100 (sangat baik) , dan 25 atau 62,5 % siswa mendapatkan nilai 70-84 (baik). Jadi jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 adalah 40 orang atau 100 %. (2) Strategi pembelajaran berbasis masalah dapat merubah dan meningkatkan perilaku dan aktivitas belajar siswa kearah yang lebih baik pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda.</p> Sunarti Suwadi ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/365 Sun, 01 Dec 2019 11:07:07 +0700 Efektivitas Penerapan Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/366 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran <em>learning cycle</em> pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara <em>simple random</em><em> sampling. </em>Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>learning cycle</em> efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada <em>posttest</em> lebih besar dari 74.9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi &gt; 0.29, (b) rata-rata kemampuan komunikasi matematika pada <em>posttest</em> &gt; 74.9 (KKM) dan rata-rata gain ternormalisasi &gt; 0.29, (c) rata-rata skor aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 70%, dan (d) rata-rata skor respons siswa &gt; 3.5. Disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>learning cycle</em> efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone.</p> Syarifuddin Syarifuddin ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/366 Sun, 01 Dec 2019 11:26:20 +0700 Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segi Empat terhadap Prestasi Belajar Matematika https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/367 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur keefektifan penerapan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dengan bantuan media animasi pada materi bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan <em>one group pretest-posttest design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Mandai dengan sampel yang diambil secara acak sebanyak 28 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata <em>pre-test</em> 45,57 sedangkan rata-rata <em>post-test</em> 84,32. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,72 dalam kategori tinggi dan berdistribusi normal untuk data prestasi belajar. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,000 &lt; α = 0,025 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan. Pada <em>post-test</em> juga memperlihatkan bahwa 26 dari 28 peserta didik (92,86%) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Negeri 5 Mandai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik setelah diajar dengan model PBL berbantuan media animasi pada materi bangun datar segi empat.</p> Hadijah Hadijah, A. Muhajir Nasir, Dian Hardianti Hasmar ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/367 Sun, 01 Dec 2019 11:31:13 +0700 Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis ICARE pada Materi Persamaan Trigonometri Kelas XI https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/368 <p style="text-align: justify;">Secara rinci tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendiskripsikan kualitas LKS berbasis <em>ICARE</em>&nbsp; pada materi Trigonometri ditinjau dari segi kevalidan, efektifitas&nbsp; dan kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and Development) melalui model ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementasion, Evaluation</em>) yang melibatkan 2 orang guru matematika dan 10 orang siswa, pada uji coba pemakaian yang menjadi subjek uji coba adalah satu kelas. Instrumen penelitian yaitu&nbsp; instrumen validasi produk dari segi materi dan desain, instrumen persepsi guru dan siswa untuk mengetahui efektifitas LKS, instrumen observasi dan tes pilihan ganda dengan empat alternative pilihan jawaban. Untuk instrumen tes pilihan ganda dilakukan uji coba terlebih dahulu agar tes yang digunakan berkualitas kemudian dilakukan analisis item. Analisis ini digunakan untuk mengetahui validitas, daya pembeda, indeks kesukaran dan realibilitas. Hasil penelitian ini: (1) Lembar Kerja Siswa berbasis <em>ICARE</em> pada materi persamaan trigonometri memiliki kualitas baik karena telah memenuhi 3 aspek yaitu valid, efektif dan praktis.</p> Suryanti Djainuddin, Muh. Asrullah ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/368 Sun, 01 Dec 2019 11:39:56 +0700 Kelong dalam Perspektif Pernyataan dan Arsif Michel Foucault https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/369 <p style="text-align: justify;">Dalam kaitannya dengan pandangan Foucault tentang arsif dan pernyataan, penulis mencoba melukiskan bagaimana <em>kelong</em> sebagai sebuah dokumen yang merupakan rekaman cerminan kehidupan orang-orang Makassar, baik dalam kehidupan masa lampau maupun dalam kehidupan masa sekarang. <em>Kelong </em>mendapat tempat yang istimewa dalam lubuk jiwa orang Makassar, bahwa segala suka dan duka kehidupan orang Makassar dilukiskan dalam <em>kelong</em><em>.</em> Kata-kata atau simbol-simbol kebahasaan yang memiliki arti tersendiri, bila diinterpretasi oleh yang membacanya atau kata-kata dan simbol-simbol yang ditemukan itu dapat dimengeti secara langsung oleh siapa saja yang memiliki latar belakang bahasa yang sama dianggapnya juga sebagai sebuah pernyataan.</p> Muhammad Ali ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/369 Sun, 01 Dec 2019 11:42:57 +0700 Efektivitas Penerapan Model Reciprocal Teaching Melalui Optimalisasi Penggunaan Media Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi pada Materi Sistem Pernapasan Manusia https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/370 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui efektivitas Penerapan <em>Model Reciprocal Teching </em>melalui Optimalisas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Biologi pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen murni (<em>True Experimental Design) </em>dengan desain penelitian <em>Posttest Only Control Design</em><em>.</em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berjumlah 45 orang sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas Bio A dan Kelas Bio B yang berjumlah 45 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar Biologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% dan dk sebesar 52 yang diperoleh dari 20 + 20 – 2 yang kemudian dijadikan sebagai dasar pembuktian signifikansi dengan t<sub>tabel </sub>diketahui 2.007, sedangkan dalam perhitungan t<sub>hitung </sub>diketahui 6,9. Karena t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel</sub> pada taraf signifikan 0,5%, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model <em>Reciprocal Teaching </em>melalui optimalisasi penggunaan media alat peraga pada materi sistem pernapasan manusia efektif terhadap hasil belajar</p> Nurhidayah Nurhidayah, Hikmah Rusdi ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/370 Sun, 01 Dec 2019 11:45:18 +0700 Pengaruh Pelaksanaan Praktikum terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/371 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik <em>simple random sampling</em>. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan melaksanakan praktikum dan siswa kelas X MIPA 2 yang diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 item yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86.06 dan kelas kontrol sebesar 81,63. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji <em>Shapiro-Wilk</em> dan uji homogenitas menggunakan Levene Test, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed = 0.012) dan ½ α = 0,025, maka Sig (2-tailed) = 0,012 &lt; ½ α = 0,025. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar biologi pada siswa.</p> Rika Riyanti, Rizki Amalia Nur, Pertiwi Indah Lestari ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/371 Sun, 01 Dec 2019 11:47:48 +0700 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Terhadap Prestasi Belajar Matematika https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/376 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik pada materi fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan <em>One Group Pretest-Posttest Design</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Nurul Ikhwan Maros dengan sampel yang diambil adalah satu kelas dari kelas X MA Nurul Ikhwan Maros yaitu kelas X IPA. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata <em>pre-test </em>sebelum perlakuan 33,60, tidak ada peserta didik yang mencapai ketuntasan minimal (KKM) 75, sedangkan rata-rata <em>post-test </em>setelah perlakuan 84,55, meskipun tidak semua siswa mencapai nilai ideal 100, hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik terdapat peningkatan dan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.</p> Ernawati Ernawati, Al Gasali, A. Muhajir Nasir ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/376 Sun, 01 Dec 2019 12:16:19 +0700 Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Biasa Ulangan Tengah Semester Buatan Guru Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Maros https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/377 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda Ulangan Harian Tengah Semester Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 3 Maros. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik analisis. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 5. Instrumen penelitian ini yang digunakan lembar soal dan lembar jawaban siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, dan teknik wawancara. Kemudian untuk proses analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan program AnatesV.4 dimana program tersebut akan menganalisis butir soal dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh yang kemudian akan menyimpulkan kualitas butir soal. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kualitas butir soal tes pilihan ganda Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Maros Tahun Ajaran 2018/2019 dari soal 30 butir soal pilihan ganda ditinjau dari segi validitas menunjukkan 11 butir soal (36 %) dinyatakan valid dan 19 butir soal (63%) dinyatakan tidak valid. Ditinjau dari segi reliabilitas termasuk dalam interprestasi nilai r yaitu rendah. Daya pembeda item mununjukkan soal yang jelek sebanyak 3 soal (10%), cukup 4 soal (13,3 %), baik 6 soal (20%) dan baik sekali 1 soal (3,3%). Tingkat kesukaran item menunjukkan soal yang terlalu sukar 14 soal (46,6 %), sedang 7 soal (23,3 %) dan terlalu mudah 9 soal (30%). Efektifitas pengecoh sebanyak 2 butir soal (6,6%) masuk dalam kategori sangat baik, 7 butir soal (23,3 %) masuk dalam kategori baik, 8 butir soal (26,6%) dan 12 butir soal (40%) masuk dalam kategori kurang baik. Soal ulangan harian tengah semester dapat disimpulkan yaitu memiliki validitas yang rendah, reliabilitas rendah, tingkat kesukaran kurang baik, daya pembeda baik dan efektifitas pengecoh kurang baik.</p> Andi Bulqis ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/377 Mon, 02 Dec 2019 04:14:25 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reverse Jigsaw Berbantukan Media Macromedia Flash 8 terhadap Hasil Belajar Biologi https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/378 <p style="text-align: justify;">Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe <em>Reverse Jigsaw</em> Berbantukan Media <em>Macromedia Flash 8</em> Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Maros. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagiamana pengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Reverse jigsaw</em> berbantukan media <em>Macromedia Flash 8</em> dan model pembelajaran konvensional pada kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Maros pada materi sistem reproduksi manusia. Pengambilan sampel dilakukan secara <em>Random Sampling</em> yakni siswa dari kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Maros tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran materi pokok sistem reproduksi manusia, satu kelas diberikan perlakuan, sedangkan kelas lainnya menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian adalah <em>essay test</em> sebanyak 10 pertanyaan yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deksriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata 82,44 dan standar deviasi 10,848, sedangkan siswa kelas kontrol dengan rata-rata nilai 70,91 dan standar deviasi 9,423. Berdasarkan uji t sampel independen diperoleh t<sub>tabel </sub>&lt; t<sub>hitung </sub>dengan nilai 1,999 &lt; 4,540. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif <em>Reverse Jigsaw</em> berbantukan media <em>Macromedia Flash 8</em> dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Maros pada materi sistem reproduksi manusia.</p> Fitriana Fitriana, Pertiwi Indah Lestari, Ince Nasrullah ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/378 Mon, 02 Dec 2019 04:17:41 +0700 Perbandingan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Perubahan Linkungan Kelas X SMA Negeri 11 Maros https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/380 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan TPS (Think-Pair-Share) pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 11 Maros pada Materi Pokok Perubahan Lingkungan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik dari dua kelas yaitu X MIPA 1 berjumlah 30 peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran <em>Cooperative Script</em>, dan X MIPA 2 berjumlah 32 peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS (<em>Think-Pair-Share</em>). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 item yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS versi 23 yang diajar dengan model pembelajaran <em>Cooperative Script</em> pada kelas Eksperimen I dengan nilai rata-rata = 84,67 dan standar deviasi 6,940 sedangkan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS (<em>Think-Pair-Share</em>) pada kelas eksperimen II yang nilai rata-rata 65,47 dan standar deviasi = 7,763. Berdasarkan Hasil perhitungan menggunakan SPSS Versi 23 uji t diperoleh diperoleh nilai sig sebesar &nbsp;0,05 maka dapat disimpulkan bahwa analisis Hipotesis <em>H</em><sub>0 </sub>ditolak dan <em>H<sub>1 </sub></em>diterima ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Biologi peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran <em>Cooperative Script</em> dan kelas yang menggunakan model pembelajaran TPS (<em>Think-Pair-Share</em>) kelas X SMA Negeri 11 Maros pada materi Perubahan Lingkungan.</p> Sri Mulyani ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/380 Mon, 02 Dec 2019 06:12:42 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Terpadu (Biologi) Studi pada Materi Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/381 <p style="text-align: justify;">Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Eksperimen (experimental), Penelitian experimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan, kondisi yang terkendalikan di maksud adalah adanya hasil penelitian dikonversikan ke dalam angka– angka, untuk analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis, Desain Penelitian yang digunakan adalah <em>Matching Pretest –Posttest Control Group Design</em> dengan satu macam perlakuan. Desain penelitian ini merupakan rencana dan struktur penelitian yang disusun sedemikian rupa, sehingga akan dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan, mengontrol, dan mengendalikan varian.Teknik Pengumpulan Data Pada penelitian ini peneliti menggunakan observasi , tes dan angket untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik Deskritif dan inferensial karena data akan digeneralisasikan untuk populasi. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan <em>t-test </em>(uji t), namun sebelum dilakukan pengujian, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui normalitas dan homogenitas varians.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Terpadu (Biologi) Studi pada Materi Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros, serta kecenderungan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara undian, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3, dan X MIPA 4 dengan jumlah siswa 69 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Terpadu (Biologi) Studi pada Materi Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros Dilihat dari Hasil Uji menggunakan one sampletest didapatkan Nilai signifikansi sebesar 0,000&lt;0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Artinya semakin menarik model pembelajaran yang diterapkan maka minat dan hasil belajar siswa juga akan semakin meningkat.</p> Sri Rizkianti ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/381 Mon, 02 Dec 2019 06:14:50 +0700 Perbandingan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Reproduksi Manusia pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/382 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>Guided Inquiry</em> dan model pembelajaran <em>Guided Discovery</em> pada pokok bahasan sistem reproduksi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu <em>(quasi eksperimen)</em> menggunakan desain pretest-postest nonequivalent <em>control group design.</em> Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 siswa, dengan jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 31 orang pada kelas XI IPA 1 dan 31 orang dari kelas XI IPA 2.</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi <em>SPSS 16.00</em> dengan rata- rata hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry sebesar = 84,03 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran <em>Guided Discovery </em>sebesar = 73,06. Hasil analisis homogenitas data menunjukkan bahwa Nilai signifikasi yang didapatkan dari pengujian adalah 0,411 jadi dapat diketahui bahwa data yang diteliti mempunyai varian homogeny karena signifikasi (0,423) &gt; <em>a</em> (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H<sub>1</sub> ditolak dan H<sub>0</sub> diterima, sehinga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan perbedaan hasil belajar Model pembelajaran Guided Inquiry dan model pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil belajar Biologi Konsep Sistem Reproduksi manusia pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep.</p> Marlina Marlina ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/382 Tue, 03 Dec 2019 09:54:16 +0700 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/383 <p style="text-align: justify;">Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif <em>Make A Match</em> Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Tanralili Maros. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Tanralili Maros sebanyak 93 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan observasi langsung dimana kelas yang terpilih yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif <em>make a match </em>sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay sebanyak 5 butir soal yang telah divalidasi oleh validator ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif <em>make a match </em>adalah 83,72 lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yaitu 78,83. Adapun hasil analisis inferensial <em>uji t sampel independen</em>diperoleh t<sub>tabel</sub> ≤ t<sub>hitung </sub>karena 0,004≤ 3,019. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif <em>make a match </em>terhadap hasil belajar biologi pokok bahasan sistem reproduksi manusia peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tanralili Maros.</p> Muliani Muliani ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/383 Tue, 03 Dec 2019 10:00:00 +0700 Pengaruh Pelaksanaan Praktikum terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/384 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maros. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik <em>simple random sampling</em>. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan melaksanakan praktikum dan siswa kelas X MIPA 2 yang diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 item yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86.06 dan kelas kontrol sebesar 81,63. Teknik analisis data yang dilakukan untuk uji normalitas adalah uji <em>Shapiro-Wilk </em>dan uji homogenitas menggunakan Levene Test, dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed = 0.012) dan ½ α = 0,025, maka Sig (2-tailed) = 0,012 &lt; ½ α = 0,025. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan praktikum terhadap hasil belajar biologi pada siswa.</p> Nurul Mitha Eka Wardana Arsyad ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/384 Tue, 03 Dec 2019 10:06:01 +0700 Efektivitas Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/444 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran learning cycle pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada posttest lebih besar dari 74.9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi &gt; 0.29, (b) rata-rata kemampuan komunikasi matematika pada posttest &gt; 74.9 (KKM) dan rata-rata gain ternormalisasi &gt; 0.29, (c) rata-rata skor aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 70%, dan (d) rata-rata skor respons siswa &gt; 3.5. Disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone.</p> Syarifuddin Syarifuddin, Danial Danial, Jamaluddin Jamaluddin ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/444 Fri, 20 Dec 2019 00:00:00 +0700