Efektivitas Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran learning cycle pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada posttest lebih besar dari 74.9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi > 0.29, (b) rata-rata kemampuan komunikasi matematika pada posttest > 74.9 (KKM) dan rata-rata gain ternormalisasi > 0.29, (c) rata-rata skor aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 70%, dan (d) rata-rata skor respons siswa > 3.5. Disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone.
References
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dewati, R & dkk. . 2013. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 3E dalam pembelajaran Matematika. Universitas Lampung: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 No. 2
Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E model. The Sciences Teacher 70 (6). 56-59.Tersedia:http://emp.byui.edu/firestonel/bio405/readings/learning%20models/expanding%205e.pdf. Diakses 11 Agustus 2015
Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. Published by the National Science Teachers Association 1840 Wilson Blvd, Arlington, VA 22201-3000.
Hulukati, E. 2014. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Di Provinsi Gorontalo Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Superitem. Universitas Negeri Gorontalo: Laporan Tahunan Penelitian Hibah Bersaing
Hudojo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya. Usaha Nasional
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurdik Matematika Fakultas Pendidikann MIPA UPI
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
STrianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.