Perbandingan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Reproduksi Manusia pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dan model pembelajaran Guided Discovery pada pokok bahasan sistem reproduksi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 siswa, dengan jumlah sampel sama dengan populasi yaitu 31 orang pada kelas XI IPA 1 dan 31 orang dari kelas XI IPA 2.
Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS 16.00 dengan rata- rata hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry sebesar = 84,03 sedangkan rata-rata hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran Guided Discovery sebesar = 73,06. Hasil analisis homogenitas data menunjukkan bahwa Nilai signifikasi yang didapatkan dari pengujian adalah 0,411 jadi dapat diketahui bahwa data yang diteliti mempunyai varian homogeny karena signifikasi (0,423) > a (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima, sehinga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan perbedaan hasil belajar Model pembelajaran Guided Inquiry dan model pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil belajar Biologi Konsep Sistem Reproduksi manusia pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep.
References
Achmad, Arwin. 2015. Perbandingan model pembelajaran Guided Inquiry dengan Guided Discovery terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Biologi 3, no. 5 : h. 120-121.
Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nasyrullah. 2017. perbandingan model pembelajaran Guided Inquiry dan model pembelajaran Guided Discovery terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia kelas XI IPA SMA NEGERI 1 Pattallassang Kabupaten Gowa. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
Nurfauziah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bulupoddo. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, h. 88-89.
Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta : Rineka Cipta.
Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 284 hal.
Withardit, Kuswaya. 2007. Persfektif Global. Cet. IV; Jakarta: Universitas Terbuka.