Perbandingan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Perubahan Linkungan Kelas X SMA Negeri 11 Maros
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan TPS (Think-Pair-Share) pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 11 Maros pada Materi Pokok Perubahan Lingkungan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik dari dua kelas yaitu X MIPA 1 berjumlah 30 peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative Script, dan X MIPA 2 berjumlah 32 peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essai sebanyak 5 item yang telah divalidasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan SPSS versi 23 yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Script pada kelas Eksperimen I dengan nilai rata-rata = 84,67 dan standar deviasi 6,940 sedangkan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) pada kelas eksperimen II yang nilai rata-rata 65,47 dan standar deviasi = 7,763. Berdasarkan Hasil perhitungan menggunakan SPSS Versi 23 uji t diperoleh diperoleh nilai sig sebesar 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa analisis Hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Biologi peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan kelas yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) kelas X SMA Negeri 11 Maros pada materi Perubahan Lingkungan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Barkley, E.E., Cross, K.P., Major, C.H. 2012. Collaborative Learning Techniques. Alih Bahasa: Narulita Yus- ron. Bandung: Nusa Indah
Hanafiah, N dan Suhana, C. 2010. Konsep Strategi pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lestari, P.I., 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Otomotif SMK Negeri 2 Maros. Jurnal Kompetensi, 11(1), pp.45-52.
Marlina, Leny, Habisukan & Devy. 2017. Pengaruh Penerapan Model Tps (Think Pair Share) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Biologi Di Mts Negeri 1 Palembang. Jurnal Bioilmi, volume 3, nomor 1, hal. 27
Meilani, Rima & Nani Sutarni. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, Volume 1, nomor 1, hal. 188.
Nasir, A. M. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Statistika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika.
Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nursaputra, Evan dan Romirio Torang Purba. 2017. Perbedaan Pembelajaran NHT dan TPS Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal pendidikan matematika, Volume 5, Nomor 2, hal. 106
Pratomo, R. H. S. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Dengan Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran Biologi (Studi Tentang Aktivitas, Respon, Dan Hasil Belajar Siswa). Jurnal Biotek, Volume 5, Nomor 1, hal. 37
Riandari, Henny. 2016. Biologi 1 Untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Solo: PT Wangsa Jatra Lestari
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sa’dijah, Cholis. 2006. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share TPS. Malang: Lembaga Penelitian UM
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.
Sugiyono, 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.
_________, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : CV Alfabeta.
Thorboni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran Praktik dan Teori. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.