Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Terhadap Prestasi Belajar Matematika

  • Ernawati Ernawati Universitas Muslim Maros
  • Al Gasali MA Nurul Ikhwan Maros
  • A. Muhajir Nasir Universitas Muslim Maros https://orcid.org/0000-0002-1626-0646
Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik pada materi fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Nurul Ikhwan Maros dengan sampel yang diambil adalah satu kelas dari kelas X MA Nurul Ikhwan Maros yaitu kelas X IPA. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pre-test sebelum perlakuan 33,60, tidak ada peserta didik yang mencapai ketuntasan minimal (KKM) 75, sedangkan rata-rata post-test setelah perlakuan 84,55, meskipun tidak semua siswa mencapai nilai ideal 100, hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan saintifik terdapat peningkatan dan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar matematika peserta didik.

References

Chu, S. 2014. Application of the Jigsaw Cooperative Learning Method in Economics Course. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 2(10), 166–172.

Hadijah. 2018. Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segi Empat Terhadap Presestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP 5 Mandai. Skripsi tidak dipublikasikan. Maros: Program Sarjana Pendidikan.

Hertiavi, M., Langlang, H., & Khanafiyah, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53–57.

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. 2014. Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude Towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100.

Nirfayanti. 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Dasar pada Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP YAPIM Maros. Jurnal Profesi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, 128.

Sujarwanta, A. 2012. Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Pendidikan, 16(1), 75–78.

Suparmi. 2012. Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 1(1), 108–118.

Sutiman. 2014. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 51–64.

Yeni, E. M., & Almuslim, U. 2015. JUPENDAS , ISSN 2355-3650 , Vol . 2 , No . 2 , September 2015, 2(2), 1–10.

Published
2019-12-01
How to Cite
Ernawati, E., Gasali, A., & Nasir, A. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Terhadap Prestasi Belajar Matematika. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 186-190. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/376