Efektivitas Penerapan Model Reciprocal Teaching Melalui Optimalisasi Penggunaan Media Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi pada Materi Sistem Pernapasan Manusia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui efektivitas Penerapan Model Reciprocal Teching melalui Optimalisas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Biologi pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen murni (True Experimental Design) dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang berjumlah 45 orang sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas Bio A dan Kelas Bio B yang berjumlah 45 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar Biologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% dan dk sebesar 52 yang diperoleh dari 20 + 20 – 2 yang kemudian dijadikan sebagai dasar pembuktian signifikansi dengan ttabel diketahui 2.007, sedangkan dalam perhitungan thitung diketahui 6,9. Karena thitung > ttabel pada taraf signifikan 0,5%, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching melalui optimalisasi penggunaan media alat peraga pada materi sistem pernapasan manusia efektif terhadap hasil belajar
References
Arsito. R, 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : alfabeta.
Bahri, Syaiful. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka cipta
Baharuddin, & Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hadiana Rosida. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika Di SMA. Skripsi Bandung. Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI. Tidak diterbitkan.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Ciputat: Gaung Persada Press.
Lailatus Saida “Efektifitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbasis Multiple Intelligences (Mi) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Getaran, Gelombang Dan Bunyi Kelas Viii Smp Assalamah Ungaran”, (Skripsi Program Strata I Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo).
Luluk Afifah, “Efektivitas Penggunaan Model Reciprocal Teaching dengan Melakukan Fieldtrip terhadap Hasil Belajar Matematika”, (Skripsi Program Strata I IAIN Walisongo, 2012).
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Tes Dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Nasir, A. M. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pengajaran Langsung yang Melibatkan Media Animasi. Jurnal Kompetensi, 11(1), 1-10.
Nasir, A. M. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Statistika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika.
Nasir, A. Muhajir. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nur, Mohammad. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Novi Kusuma Dewi. 2009. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Karangampel Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika UNWIR. Indramayu: Tidak Diterbitkan.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model-Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
--------------------. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2012. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresi. Jakarta: Kencana.
Tim Penyusun KBBI. 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Husaini, Usman. 2008. Pengantar Statistik. Jakarta: PT. Bumi Kasara.
Usman, Uzer Moh. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.