Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Animasi pada Materi Bangun Datar Segi Empat terhadap Prestasi Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui dan mengukur keefektifan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media animasi pada materi bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Mandai dengan sampel yang diambil secara acak sebanyak 28 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pre-test 45,57 sedangkan rata-rata post-test 84,32. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,72 dalam kategori tinggi dan berdistribusi normal untuk data prestasi belajar. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,000 < α = 0,025 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan. Pada post-test juga memperlihatkan bahwa 26 dari 28 peserta didik (92,86%) telah mencapai nilai KKM mata pelajaran matematika di SMP Negeri 5 Mandai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik setelah diajar dengan model PBL berbantuan media animasi pada materi bangun datar segi empat.
References
Abdillah, Pius dan Danu Prasetya. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Arkola.
Akmal, Maulidatul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Bantuan Media Animasi Komputer dan LKS Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Skripsi tidak dipublikasikan. Medan: Program Sarjana Universitas Negeri Medan.
Arifin, Zainal. 1990. Evaluasi Instruksional (Prinsip-Teknik-Prosedur). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniasari, Chatarina Etty. 2010. Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan CD Interaktif Materi Persegi Panjang Dan Persegi Kelas VII SMPN 1 Limpung Batang. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.
Nasir, A. M. 2016. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nasir, A. M. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pengajaran Langsung yang Melibatkan Media Animasi. Jurnal Kompetensi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), Volume 11, Nomor 1, hal. 110.
Nasir, A. Muhajir. 2018. Penerapan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP. Jurnal Ecosystem. Volume 16 Nomor 3, hal. 477-488.
Putra, Ramadhansyah. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks. Skripsi tidak dipublikasikan. Medan: Program Sarjana Universitas Negeri Medan.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Edisi Kedua. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sadiman, Arief S. 2010. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Surabaya: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.