Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada Mata Pelajaran Tematik tentang Sikap Saling Menghormati dan Menghargai Antarsuku Bangsa dan Budaya di Indonesia Kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda

  • Sunarti Suwadi SD Inpres Unggulan BTN Pemda
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM), Tematik

Abstract

Apakah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda dan Bagaimanakah perubahan perilaku/aktivitas belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda.

Penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan Kelas dengan focus penelitian aktivitas dan hasil belajar siswa. kelas VA SD Inpres Unggulan BTN Pemda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi belajar siswa 15 atau 37,5 % siswa mendapatkan nilai diantara 85-100 (sangat baik) , dan 25 atau 62,5 % siswa mendapatkan nilai 70-84 (baik). Jadi jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 adalah 40 orang atau 100 %. (2) Strategi pembelajaran berbasis masalah dapat merubah dan meningkatkan perilaku dan aktivitas belajar siswa kearah yang lebih baik pada mata pelajaran tematik tentang sikap saling menghormati dan menghargai antarsuku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda.

References

Abimanyu, Soli. d.k.k. 2006. Stratgei Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta : BNSP.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008 . Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

________. 2008 . Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem . Bandung: Bumi Aksara.

Heriani. 2008. Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Energi Bunyi Siswa di Kelas IV SD Negeri Rawua. SkrTematiki. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kusuma, Wijaya. d.k.k. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Malta Printindo.

Latri. 2003. Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivisme dengan Menggunakan Alat Peraga Kelas IV SDN 10 Watampone, Esis tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Makassar.

Ratri. 2009.. Makalah Konsep Pendidikan TEMATIK. http://beduatsuko.blogspot.com. Akses 5 Januari 2010.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Medai Group.

Susilo, M Joko.2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta : Pinus.

Sudjana,Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Yaba. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial I .Makassar : PGSD FIP UNM

Published
2019-12-01
How to Cite
Suwadi, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada Mata Pelajaran Tematik tentang Sikap Saling Menghormati dan Menghargai Antarsuku Bangsa dan Budaya di Indonesia Kelas V A SD Inpres Unggulan BTN Pemda. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 137-142. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/365