Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kepulauan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA pada Materi Pokok Sistem Koloid
Abstract
Penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal masyarakat kepulauan ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran proses pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis kearifan lokal msyarakat kepulauan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini terbatas hanya sampai tahap develop yaitu pada tahap uji coba terbatas yang dilaksanakan di SMAN 1 Liukang Tupabbiring Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkep kelas XI IPA tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat pembelajaran kimia berbasis KLMK sudah valid dengan koefisien validitas perangkat sebesar 1, praktis dengan nilai kemampuan pendidik mengelolah pembelajaran sebesar 3,45 kategori baik, nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran 3,64 kategori kepraktisan tinggi, respon pendidik sebesar 3,45 kategori cukup praktis dan revisi sebagian dan respon peserta didik sebesar 95 % merespon positif serta efektif dengan nilai hasil belajar kognitif 70 % mencapai ketuntasan, pengamatan sikap dan keterampilan masing-masing 90 % kategori baik, nilai motivasi peserta didik 35 % kategori tinggi, 30 % kategori sedang dan 35 % kategori rendah.
References
Ahmadi, Iif Khoiru dkk. 2012. Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dalam KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anderson, Lorin w & David R. Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar. S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Daryanto & Agus Dwicahyo. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djaali & Pudji, M. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo.
Gredler, Margareth.E. 2011. Learning and Instruction. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Herimanto & Winarno. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Development Research) Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Universitas Jember.
Hosnan.M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Joyce, Bruce, Marsha Weil & Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nuraeni, Heny Gustini & Muhammad Alfan. 2011. Study Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Pintrich, Paul R, Dale H. Schunk & Judith L. Meece. 2012. Motivasi dalam Pendidikan. Jakarta: Indeks.
Priansa, Donni Juni & Ani Setiani. 2015.Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Renstra Kementrian Pendidikan Nasional 2010 – 2014, (Diakses 24 Januari 2016).
Riduwan, N.G & Engkos, AK. 2008. Cara Menggunakan dan Menyelesaikan Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta
Rusman. 2014. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Ruslan. 2009. Validitas Isi. Makassar: Buletin Pa’biritta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sartini. 2004. Menggali Kearifan Lokal Nusantara. Sebuah Kajian Filsafati. Jurnal Filsafati, Jilid 37 No. 2. ( Diakses 24 Januari 2016 ).
Siregar, Eveline & Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembangunan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Subana. 2005. Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S, Dorothy S & Melvyn I. Semmel. 1974. International Development for Training Teachers of Exceptional children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/ Special Education.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.