Pengembangan Buku Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman

  • Muhammad Taqwa STKIP Andi Mattapa
  • Akbar Taufik Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Buku Ajar, R, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang memenuhi kriteria dan kualitas. Buku ajar ini sebagai penunjang perkuliahan statistika guna meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep statistika sehingga mahasiswa memiliki ketrampilan analisis data dengan software R secara mandiri. Prosedur pengembangan buku ajar ini terdiri atas 4 tahap yaitu : pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.. Materi buku ajar sesuai dengan rencana pembelajaran statistik yang ditampilkan dengan contoh dan software dengan R. Hasil penelitian yaitu (1) penilaian reviewer diperoleh skor validitas isi buku ajar adalah 0,81 yang berarti bahwa validitas isi buku ajar termasuk kategori tinggi dengan reliabilitas 0,89, sehingga buku ajar layak untuk digunakan sebagai alat penunjang kegiatan pembelajaran statistika matematika;(2) Buku ajar ini memiliki kriteria sangat praktis. Hal ini di jelaskan pada hasil uji kepraktisan oleh mahasiswa sehingga buku ajar layak digunakan pada perkuliahan statistika matematika; (3) Tidak ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item motivasi belajar mahasiswa diperoleh yaitu 0,24 berada pada kategori rendah; (4) Tidak ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item pemahaman konsep mahasiswa diperoleh yaitu 0,25 berada pada kategori rendah.

References

Suhartono, Modul Perkuliahan Analisis Data Statistik dengan R. Surabaya: Jurusan Statistika ITS, 2008.

F. Y. Hendikawati, P., & Arini, “Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbantuan TIK Dengan Pendekatan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Komunikasi Dan Koneksi Matematis,” J. Penelit. Pendidik., vol. 33, no. 2, pp. 163–174, 2016.

D. Setyawati, R, D., Albab, I, U., dan Endahwuri, “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi,” Semarang, 2017.

M. Neumann, D. L., Neumann, M. M., & Hood, “Evaluating Computer-Based Simulations, Multimedia and Animations that help Integrate Blended Learning with Lectures in First Year Statistics,” Australas. J. Educ. Technol., vol. 27, no. 2, pp. 274–289, 2011.

Ruslan, “Validitas Isi,” Bul. Pa’biritta, vol. 10, no. 6, pp. 18–19, 2009.

H. Khomsiatun, S., & Retnawati, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 92–106, 2015.

R. Hake, “Analyzing Change/Gain Score,” Indiana, 1999.

W. Syahputra, E & Rajagukguk, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP,” J. Tabularasa PPS Unimed, vol. 6, no. 1, pp. 44–54, 2015.

V. Gaspersz, ISO 9001: 2000 And Continual Quality Improvement (Terjemahan Oleh Agustinus Purwanta). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.

R. Widyanigrum, “Pengembangan Modul Berbasis POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Bioedukusi, vol. 6, no. 1, pp. 100–117, 2013.

M. Adel, A, “Motivasi Mahasiswa Terhadap Buku Kerja Kalkulus 1 Berbasis Konstruktivisme Pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Ummy Solok,” J. Residu, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2017.

L. Bien, Y, I., Daniel, F., Taneo, P, N, “Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Maple Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 39–45, 2019.

Mukhtar, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa,” in Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung FMIPA Unila, 2013, pp. 353–360.

L. Fitria, M., Arnawa, M., “Pengembangan Modul Aljabar Linear Elementer bernuansa Konstruktivisme berbantuan ICT,” J. Eksakta, vol. 1, no. 1, pp. 34–42, 2014.

N. Nuranisa, R. A., Nu’man, M., Arfinanti, “Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Group Invesigation dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika,” in Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika UNY, 2015, pp. 697–704.

S. Daly, A, “Determinants of Participating in Australian University Student Exchange Programs,” J. Res. Int. Educ., vol. 10, no. 1, pp. 58–70, 2011.

F. Naufal, M, “Analisa Teknik Pembelajaran dan Pengajaran Pemrograman pada Universitas dan Industri,” J. Inform. Multimed., vol. 10, no. 2, pp. 1–7, 2018.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006.

Published
2019-12-01
How to Cite
Taqwa, M., & Taufik, A. (2019). Pengembangan Buku Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 81-87. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/357