Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Peserta Didik MI Madani Alauddin Pao-Pao

  • Junaedi Junaedi Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Strategi Guru, Nilai, Pendidikan Karakter, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa penerapan Pendidikan Karakter kini sudah mulai dicanagkan oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah maka dari itu perlu diteliti mengenai keberhasilan pada pelaksanaan penerapan pendidikan karakter tersebut. Guru mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penananaman nilai-nlai ini untuk meciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia, guru dipercaya mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Dalam pembelajaran di kelas, guru berhadapan dengan sejumlah peserta didik yang semuanya ingin diperhatikan. Peserta didik akan berkembang secara optimal melalui perhatian guru yang positif, sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menumbuhkan nilai karakter peserta didik, Kepala Madrasah dan stack Holder merumuskan dan merencanakan program-program pembiasaan di sekaolah baik di dalam maupun di luar kelas. Perencanaan tersebut kemudian direalisasikan setiap hari seperti menjemput kedatangan peserta didik, Murojaah Hafalan surah-

surah, Mengaji, Shalat duha dan shalat duhur secara berjamaah. Selain program unggulan yang diterapkan di Madrasah, Guru kelas memiliki strategi tertentu dalam menumbuhkan nilai karakter peserta didik seperti Kultum setalah shalat Duha, Membaca Ayat Kursi, Budaya Literasi, Ice Breaking disela-sela pembelajaran, Sabtu sehat dan gizi juga penumbuhan karakter lainnya. Tidak hanya sekedar strategi yang diterapkan, melainkan guru kelas melakukan evaluasi kegiatan baik lisan maupun tulisan, juga dilakukan evaluasi melalui komunikasi oleh orangtua peserta didik.

References

Abu, Ahmadi. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Alquran dan Terjemahnya (Jakarta: yayasan penyelenggara dan Penterjemah al-Qur’an, 1971).

Amalia, Novita Rihi. 2010. Analisis Gaya Bahasa Dan Nilai-Nilai Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Skripsi. Surakarta: Progaram Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNS (tidak diterbitkan).

Arif, Nur. 2018. 6 Rahasia Sukses Pendidikan Karakter di Sekolah. Pare-Pare : CV Kaaffah Learning Center Sulawesi Selatan

Asniyah Nailasariy, Manajemen Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Dan Pembudayaan Sekolah (study deskriptif di SD Muhammadiyah Wirobjaban 3 Yogyakarta) (Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013).

Burhan Nurgiyantoro (2005) .Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Cintaku Berlabuh di Madrasah (Profil Pesantren Madrasah Madani). Kalbar-Indonesia : Pustaka One

Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Doni kusuma A, Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak Zaman Global (cet,I; Jakarta : Grasindo, 2007),h.312

Elga Yanuardianto, Pendidikan Karakter Anak (Studi Komparasi Pemikiran Thomas Lickona dan Abdullah Nasih Ulwan). (Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015).

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Junaedi. 2018. Menjadi Guru yang dirinduinya. Surabaya : CV Pustaka Media Guru .

Kesuma, Dharma, dkk. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Koesoema, A Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Labbiri. 2018. Membangun Karakter dan Budaya Literasi. Makassar : P3i Press

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Books.

Mohammad Ahyan Yususf Sya’bani, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Siswa Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Guru PAI SMK Muhammadiyah Imogiri dan SMK Nasional Bantul) (Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014).

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian KualitatifEdisi Revisi. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Nizar,Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers

Nuning Khamidah, Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika di SD Insan Teladan Desa Kalisuren Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor Jawa Barat (Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013)

Nurgiyantoro, B. (2005) Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak).Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soelaeman, M. Munandar. 2005. Ilmu Sosial Dasar. Bandung: PT Refika Aditama.

Roestiyah,N.H.Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Bina Aksara, 1989), Lihat dalam Syaiful Bahri Djamalah, op. cit., h. 38

Rosyadi. (1995). Nilai-nilai Budaya dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D) (Bandung: Alfabeta, 2010) hlm 336.

Salma. 2018. Menjadi Guru Yang Dirindukan Murid. Surabaya : CV Pustaka Media Guru.

Suprayogo, Imam. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang: UIN Malang Press.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soekanto,Soerjono.1983. Pengantar Penelitian Hukum. UI Press. Jakarta

Tim Pelaksana Program DPP Bakat, dan Ketrampilan FITK UIN Sunan Kalijaga. 2011. Pendidikan Karakter : Pengalaman Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Aura Pustaka.

UU RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (cetakan II; Jakarta: BP. Panca Usaha, 2004), h 11

Uzey. 2009. Pengertian Nilai. Dalam http://uzey.blogspot.com/2009/09/pengertian-nilai.html. Diakses tanggal februari 2019

Widyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD; Konsep, Praktik dan Strategi. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Published
2019-12-01
How to Cite
Junaedi, J. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Peserta Didik MI Madani Alauddin Pao-Pao. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 59-72. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/355