Pengaruh Strategi Multiple Intelegences terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah (non-equivalent control group). Kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dengan menggunakan strategi multiple intelligences, satu kelas hanya menggunakan strategi pendekatan konvensional. Data hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi multiple intelligences yang ini ditunjukkan untuk kelas eksperimen dengan nilai (1.42 ≤ 1.75) dan kelas kontrol (1.686) sedangkan 1.81 ≤ 2.14)). Jadi ada pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik di buktikan dengan nilai peserta didik yang meningkat.
References
Aini, Jannatu. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Skripsi.
Alamsyah, Said. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegence. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Arifuddin, Arwini. 2012. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XII SMK Negeri 8 Makassar Menggunakan Strategi Multiple Intelegences. Jurnal.
Aryani Dwi, A. 2014. Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intelegences yang Dominan dalam Kelas pada Materi Tekanan. Jurnal
Dimyati & Mudjiyono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rieneka Cipta
Firdaus. 2016. Penerapan Strategi Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Skripsi
Hamzah B Uno dan Masri Kuadrat.2009. Mengelola Kecerdasan dan Pembelajaran. Gorontalo: BumiAksara
Jasmine J. 2007. MengajarBerbasis Multiple Intelligences. Bandung:Nuansa
Legowo, Edi. 2017. Model Pembelajaran Berbasis penstimulasian Multiple Intelegences siswa. Jurnal
Muhammad Yaumi. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat
Mulyono, Tj. 1980: 8 Pengembangan Pendidikan IPS SD. Dirjen Dikti Depdiknas 2009: Jakarta
Paramita, Rahayu. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Multilple Intelligences pada Kelas VI SD Negeri Salakan Lor. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Paul suparno. 2010 Teori Intelegence dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Remja
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Rosdakarya
Semiawan,C. dkk. 1985 Pendekatan Keterampilan Proses, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta
Sugiyono, 2008. Metode Pembelajaran Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya
Thobarani, M. & Mustofa A. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz media
Trianto, 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
Usman, U.M. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahidmurni, 2017. National Council For the Social Studies. Jakarta