Survey Kinerja Guru SMK Negeri 1 Makassar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum 2013

(Studi tentang Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung)

  • Eni Hartati SMK Negeri 1 Makassar
Keywords: Kinerja Guru, Kurikulum 2013

Abstract

Guru sebagai fasilitator dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya harus memilki kinerja yang baik dalam menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, media belajar, sistem penilaian berdasarkan arah kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Namun jika kegiatan pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan,maka masalah kinerja guru tidak akan sesuai dengan harapan dan kenyataan yang ada pada sekolah tersebut. Guru sebagai tenaga pengajar merupakan motor penggerak dalam dunia pendidikanyangsecara langsung mempengaruhi pengembangan kemampuan potensi anak didik menjadi manusia yang cerdas, terampil dan bermoral. Setiap penyelenggaraan jenjang pendidikan pada hakikatnya diarahkan kepada pencapaian tujuan pendidikan nasional, yang  prosesnya dilakukan oleh guru yang tugasnya adalah mengajar, mendidik, melatih dan mengevaluasi anak didik dalam proses belajar mengajar.

Guru adalah elemen kunci dalam sistem pendidikan, oleh karena itu guru harus memiliki pemahaman yang mendasar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah  yaitu kurikulum 2013. Kinerja yang baik merupakan tolak ukur tingkat keberhasilan guru dalam menjalankan tugasnya. Guru perlu merancang dan  membuat rencana pelaksanaan  pembelajaran serta mengaplikasikan nya sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran, agar kinerja guru  terstandar dan terarah  dengan berpedoman pada kurikulum 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru  di SMK Negeri 1Makassar  dalam melaksanakan kinerjanya dengan berpedoman pada kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat sehingga guru ,  khususnya di SMK Negeri 1 Makassar belum maksimal dalam melaksanakan kinerja berdasarkan kurikulum 2013.

References

BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Pendidik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Trimantara, P. 2006. “ Standardisasi Tes Kompetensi Guru Bahasa Indonesia: Sebuah Pemikiran”. Jurnal Pendidikan Penabur - No.06/Th.V/Juni 2006

Suyoto, Sulistiyo, dan Sunandar.2008. “Optimalisasi Sumber Daya Guru dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme Guru SD di Kabupaten Banyumas”. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, Vol 2 No 2 Desember 2008

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Obara, S. 2006. “The Process and Impact of Implementing Performance Standards In Mathematics”. A Dissertation Submitted To The Graduate Faculty Of The University Of Georgia In Partial Fulfillment Of The Requirements For The Degree.. Athens: The University Of Georgia

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. http://www.nctm.org/standards/content.aspx?id=26792 (di unduh 18 November 2012)

Muharam, A. 2010. Manajemen Pengadaan Guru dalam Rangka Membangun Sekolah Dasar Berkualitas. Jurnal Pendidikan Dasar. No 14 Oktober 2010

Jusuf, H. 2005. “Improving Teacher Quality, “ Keyword For Improving Education Facing Global Challenges”. The Turkish Online Journal of Educational Technology., Vol. 4, Issue 1, Article 4

Published
2019-12-01
How to Cite
Hartati, E. (2019). Survey Kinerja Guru SMK Negeri 1 Makassar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum 2013. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 11-15. Retrieved from https://ejournals.umma.ac.id/index.php/prosiding/article/view/349