Pelatihan Implementasi Chatbot Sistem Informasi Layanan Pelanggan CV. Mockerz Apparel

Penulis

  • Syaharullah Disa Universitas Almarisah Madani
  • Tamsir Tamsir Akba University of Technology Makassar
  • Farid Rahmat Khadafi Akba University of Technology Makassar
  • Mahsud Mahsud Akba University of Technology Makassar
  • Fitriana M Sabir Akba University of Technology Makassar
  • Rohayati Rahmat Arifin Akba University of Technology Makassar

Kata Kunci:

chatbot, layanan, infomasi, customer

Abstrak

Mockerz Apparel Industries merupakan spesialis kaos polos yang telah berpengalaman sejak tahun 2012, terus berkembang dan menghasilkan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan customer. Permasalahan yang dialami saat ini berkaitan dengan pelayanan informasi terhadap pelanggan. Kurangnya media untuk menyebarkan informasi produk dapat menurunkan jangkauan pelanggan. Dengan teknologi yang tersedia, sangat memungkinan untuk mengimplementasikan suatu sistem yang dapat membantu penyebaran informasi sehingga memudahkan pelanggan untuk memperoleh informasi terkait produk. Dengan melihat realita yang ada, penulis membuat aplikasi dan memberikan pelatihan Chatbot sistem informasi layanan pelanggan sebagai solusi dari masalah yang telah diuraikan. Sistem dikembangan dengan metode DevOps (development and operations) meliputi beberapa fase yaitu plan, develop, build, test, operate, and monitor). Kegiatan implementasi menggunakan metode tutorial dan pendampingan teknis. Kegiatan berjalan sukses dan staf CV Mockerz Apparel sebagai mitra pun ikut berpartisipasi sampai akhir kegiatan. Persepsi mitra terhapap kegiatan pengabdian sangat membantu karena sistem chatbot yang dikembangkan sangat cocok untuk diimplementasikan oleh mereka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-28