Pembelajaran Sex Education dengan Berbagai Media Pembelajaran pada Siswa TK Aisyiyah 1 Tidung
Kata Kunci:
Sex Education, Media Pembelajaran, Siswa TKAbstrak
Masa keemasan anak usia dini merupakan periode kritis dalam pembentukan dasar intelektual dan pemahaman kesehatan, termasuk pendidikan seks. Berdasarkan Pasal 28 Ayat 1 dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan seks pada anak usia dini sangat penting untuk memajukan intelektual generasi muda. Namun, observasi di TK Aisyiyah, Kota Makassar menunjukkan bahwa pendidikan seks belum pernah diberikan, menyebabkan kurangnya pemahaman di kalangan siswa. Untuk mengatasi masalah ini, dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di TK Aisyiyah dengan menggunakan teknologi pembelajaran berbasis robotika, suara robot, lagu, gambar dalam bentuk power point dan buku ajar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai pendidikan seks melalui metode pembelajaran interaktif dan menyenangkan. Hasil pretes menunjukkan hanya 24.4% jawaban benar dari 18 peserta, sedangkan hasil post-tes setelah pembelajaran selama 5 hari menunjukkan peningkatan signifikan dengan 88.2% jawaban benar dari 22 peserta. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi robotika dalam pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa secara efektif. Program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang dapat diterapkan di berbagai institusi pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pemahaman anak dalam aspek pendidikan seks.