Bentuk Kesantunan Berbahasa pada Tindak Tutur Anak di Kalibone Kelurahan Bonto Langkasa Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i1.647Keywords:
Kesantunan, Tindak Tutur, AnakAbstract
Penelitian ini berfokus pada bentuk kesantunan berbahasa anak saat mereka betutur kata. Adapun permasalahan yang di kaji (1) bagaimana bentuk tindak tutur anak dikalibone kabupaten pangkep (2) bagaimana bentuk kesantunan berbahasa anak di kalibone kab pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tindak maka ditemukan, 3 (tiga) bentuk tindak tutur yaitu, (1) tindak tutur representatif sebanyak tiga data, (2) tindak tutur direktif sebanyak enam data, dan (3) tindak tutur ekspresif ditemukan lima data. Hasil analisis data kesantunan berbahasa 3 (tiga) bentuk kesantunan yaitu, (1) maksim kebijaksanaan tujuh data, (2) maksim kerendahan hati sebanyak empat data, dan (4) maksim kecocokan sebanyak 3 data. Dari hasil penelitian ini terdapat data bentuk kesantunan dan bentuk tindak tutur pada saat anak melakukan peristiwa tutur.
References
Agustini Rina. 2017. Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia (Studi Deskriptif Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Literasi, Volume 1, Nomor 1, hal. 11-12.
Chaer. 2012. Linguistik Umum.Jakarta:Rineka Cipta
Chaer Abdul dan Agustina leonie. 2004. Sosiolingusitik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer abdul, Leonie Agustina. 2010. Sosiolingusitik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Dian Ismawati. 2018. Kesantunan Berbahasa Pada Tuturan Guru Bahasa Indonesia Dalam Memberikan Penguatan Siswa Kelas X Sman 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampunghidayani.
Madyawati lilis.2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.Jakarta:Prenada media.
Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Rini dkk. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang selatan: Universitas terbuka.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R%D . bandung: ALFABETA .
Suhardi. 2013. Pengantar Linguistik Umum. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tarigan, Henry Guntur.2009. Pengajaran Prakmatik. Bandung: Angkasa.
Wijana D P. 1996.Dasar-Dasar Pragmatik.Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Yule George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka belajar
Yusri. 2016. Ilmu Pragmatik Dalam Prespektif Kesopanan Berbahasa.
