Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure pada Film “Srimulat: Hil Yang Mustahil – Babak Pertama”
DOI:
https://doi.org/10.46918/idiomatik.v6i2.2105Keywords:
Film Srimulat, Semiotika, Ferdinand De SaussureAbstract
Film adalah sebuah karya sastra fiksi, film adalah objek bahasa yang kompleks, mencakup beragam aspek bahasa seperti kata, gambar visual, dan aspek (efek suara, dialog, dan musik). Dalam penelitian ini yaitu menganalisis struktur Ferdinand de Saussure signifier dan signified yang ada pada film ini, serta pesan dan makna yang terdapat pada film “Srimulat: Hil Yang Mustahil – Babak Pertama,” yang disutradarai oleh Fajar Nugros, film ini bekerja sama MNC Pictures dan IDN Pictures. Sutradara film ini mencoba menggabungkan kekuatan komedi dari Srimulat, film ini menciptakan suasana pada zaman 1980-an. Dengan menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik penelitian. Hasil analisis dengan terdapat beberapa signifier (penanda) dan signified (petanda) dalam adegan teori Ferdinand de Saussure. Pada film ini juga memiliki pesan moral di antara rendah diri, sadar diri, kebersamaan, percaya diri, berusaha, jujur, dan tanggung jawab
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Azhari, N. H. (2018). Film Dokumenter Expository “Wakaf Cahaya” Dep artment DoP ( Director of Photography ). Kebudayaan, 022, 1–47. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39253
De Saussure, F. (1959). Course in General Linguistics 3rd ed. New York: Philosophical Library
Fauziah, T. R. (2016). Thia Rahma Fauziah, 2016 REPRESENTASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM IKLAN Universitas Pendidikan Indonesia| repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 38–49
Halim, B., & Yulius, Y. (2023). Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Film “Selesai.” Gorga : Jurnal Seni Rupa, 12(1), 63. https://doi.org/10.24114/gr.v12i1.41423
Hoed, B. (2008). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.
Imron, A. (2019). Konsep Semiotika Ferdinan De Saussure. 12–31.
Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika Dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125–138. https://doi.org/10.15642/jik.2011.1.1.125-138
Rosita, I. (2019). Representation Of Meaning Of Friendship In The Film “Ralph Breaks The Internet : Wreck It - Ralph” (Roland Barthes’s Semiotic Analysis Of The Meaning Of Friendship In The Film “Ralph Breaks The Internet: Wreck It - Ralph”). 48–57.
Sahir, S.H. (2021) Metodologi Penelitian. Bantul – Jogjakarta: KBM Indonesia.
Setyadi, M. A., Rachma Putri, Y., & Putra, A. (2018). Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Sebagai Representasi Nilai Kemanusiaan Dalam Film the Call. E-Proceeding of Management, 5(1), 1251. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6195
Sobur, Alex 2003, Semiotika Komunikasi, PT Remaja Rosydakarya, Bandung.
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Wibawa, M., & Natalia, R. P. (2021). Analisis semiotika strukturalisme Ferdinand De Saussure pada film “Berpayung Rindu.” Visual Communication Design Journal, 1(1), 1–16.
Zazila, D. (2013). Analisis Struktural-Semiotik Teks Film Des Hommes Et Des Dieux Karya Xavier Beauvois. 134
