Sistem Kode Roland Barthes dalam Novel Silariang Karya Oka Aurora Pendekatan Semiotika

  • Nurwana Nurwana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muslim Maros
Keywords: Semiotika, Roland Barthes, Sistem Kode

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Kode Roland Barthes dalam Novel Silariang Karya Oka Aurora dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah novel Silariang karya Oka Aurora. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, model data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kutipan yang terdapat dalam novel Silariang karya Oka Aurora dapat ditemukan lebih dari satu kode sehingga menarik untuk dianalisis. Hasil penelitian data merupakan gambaran dari simbol budaya yang terdapat dalam masyarakt suku Bugis-Makassar dan menjadi representasi prinsp hidup yang dilestarikan masyarakat sebagai identitas. Sistem kode yang terdapat dalam novel Silariang adalah bentuk pengungkapan dari sistem kode hermeutik, kode preoretik, kode simbolik, kode semik, dan kode gnonik.

References

Kaelan. (2009). Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Paradigma.

Lustyantie, Nunik. (2012). “Pendekatan Semiotik Roland Barthes dalam Karya Sastra Prancis”: Seminar Nasional FIB UI (Artikel).

Nadeak, Wilson. (2010). Tentang Sastra Bandung: PT.Remaja Roskarya. Nurgiantoro.

Published
2021-06-29
How to Cite
Nurwana, N. (2021). Sistem Kode Roland Barthes dalam Novel Silariang Karya Oka Aurora Pendekatan Semiotika. Jurnal Idiomatik, 4(1), 10-15. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i1.1001