2. Rata – rata presentase siswa memperhatikan
penjelasan guru/teman mencapai 71,09%
3. Rata – rata presentase siswa mengajukan
pertanyaan kepada guru/teman jika ada hal-hal
yang belum dipahami mencapai 50,78%
4. Rata – rata presentase siswa yang bergabung
dengan kelompoknya dan mencermati serta
menyelesaikan aktivitas pada LKS yang dibagikan
oleh guru mencapai 99,21%
5. Rata – rata presentase siswa yang aktif
membandingkan dan mendiskusikan jawaban
dalam kelompok mencapai 71,09%
6. Rata – rata presentase siswa yang memilih kartu
bernomor dan menjawab pertanyaan sesuai
dengan nomor itu guna mendapatkan skor untuk
dimainkan di meja turnamen mencapai 99,21%
7. Rata – rata presentase siswa yang melakukan
turnamen. Siswa mengambil karu untuk
menentukan pembaca yang pertama, yaitu siswa
yang menarik nomor tertinggi. Pembaca pertama
mengocok kartu dan mengambil kartu yang
teratas, kemudian membaca dengan keras soal
yang berhubungan dengan nomor yang ada pada
kartu dan menjawabnya mencapai 99,21%
8. Rata – rata presentase siswa yang menulis
kesimpulan dari materi yang dipelajari mencapai
96,09%
9. Rata – rata presentase siswa yang melakukan
aktivitas tidak relevan dengan KBM (tidak
memperhatikan guru, mengantuk, mengganggu
teman, keluar dan masuk ruangan tampa izin, dll)
mencapai 49,99%.
Meskipun dalam beberapa pertemuan masih
terdapat beberapa aspek yang tidak sesuai dengan
indikator yang ingin dicapai, namun secara garis
besar aktivitas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pallangga
Kabupaten Gowa menurut kriteria keefektifan
aktivitas siswa pada Bab III pada pembelajaarn
matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT) dapat dikategorikan
efektif. Hal ini dapat dilihat melalui rata-rata
persentase aktivitas siswa yang positif 85,73% dan
negatif 49,99% untuk setiap aspek atau indikator
selama 4 kali pertemuan.
3) Deskripsi Hasil Respon Siswa
Instrument yang digunakan untuk memperoleh
data respon siswa adalah angket respon siswa. hasil
analisis data respon siswa terhadap pelaksanaan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) yang diisi oleh 32 siswa .
Berdasarkan terlihat bahwa hasil analisis data
respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran
matematika melalui model Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (TGT) pokok bahasan Relasi dan
Fungsi menunjukkan bahwa rata-rata respon positif
yang diberikan siswa 91,56%. Berarti dapat
disimpulkan bahwa respon siswa dalam
pembelajaran matematika melalui model Kooperatif
Tipe Teams Games Tournament (TGT) adalah positif.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif di atas dapat
disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran
matematika melalui model Kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) efektif, hasil belajar siswa
mengalami peningkatan, aktivitas siswa efektif, serta
respon siswa terhadap pembelajaran matematika
melalui model Kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) positif. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran matematika
melalui penerapan model Kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) efektif diterapkan pada
siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten
Gowa.
b. Hasil Analisis Inferensial
Untuk menguji hipotesis penelitian, sebelumnya
dilakukan dengan tahapan uji normalitas.
Berdasarkan hasil perhitungan komputer dengan
bantuan SPSS versi 20.0 diperoleh hasil sebagai
berikut :
1) Uji Normalitas
Uji normalitas bertujuan untuk melihat apakah
skor rata-rata hasil belajar siswa (pretest-posttest)
berdistribusi normal. Kriteria pengujiannya adalah :
Jika
maka berdistribusi
normal.
Jika
maka berdistribusi tidak
normal.
Dengan menggunkan uji Kolmogorov-Smirnov ,
diperoleh nilai PValue = 0,175 pada taraf signifikan α
= 0,05 untuk data skor pretest. Kriteria pengujiannya
adalah data normal jika nilai PValue > α. Dari hasil
pengelolaan data terliahat bahwa nilai P = 0,175 > α =
0,05 berarti data normal. Sedangkan untuk data skor
posttest diperoleh nilai PValue = 0,115. Kriteria
pengujiannya yaitu data berdistribusi normal jika nilai
P > α. Dari hasil pengelolaan data terlihat P = 0,115 >