Analisis Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share

  • Dara Miralda Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nafida Hetty Marhaeni Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Matematika, Lembar Kerja Peserta Didik, Think Pair Share

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respons peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respons peserta didik dan LKPD berbasis think pair share. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 4 Yogyakarta di kelas VIII.C. Sampel yang digunakan adalah 32 peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa LKPD berbasis metode kooperatif tipe think pair share mendapat respons yang sangat baik secara keseluruhan. Dari kelompok rendah (B1), LKPD berbasis think pair share mendapat respons baik dan dari kelompok tinggi (B2), LKPD berbasis think pair share mendapat respons sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa masing-masing aspek dari angket respons peserta didik memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05, hal ini berarti adanya perbedaan signifikansi antara kedua kelompok peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mempengaruhi secara signifikan terhadap angket respons peserta didik dari segi aspek kualitas isi, kualitas teknik, kualitas pembelajaran, dan kesesuaian materi LKPD.

Author Biography

Nafida Hetty Marhaeni, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Pendidikan Matematika

References

Agus, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164-174.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.

Dalimunthe, S. A. S., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 735–747.

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145.

Fatmawati, F., Susilawati, S., & Haryati, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1–14.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat UPI, Bandung, 4(11), 1-13.

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kasim, N. F., Nadar., Syarif, I., Saleha., Elihami., Mahuyuddin, M. J. (2022). Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan LKPD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2).

Marhaeni, N. H., Andriyani, A., & Rusmilah, R. (2021). Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 1 Imogiri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(2), 85-96.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Nuryadi, N., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian.

Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16-21.

Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30.

Perwitosari, N., Asnawati, R., & Bharata, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(6), 535–546.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Salam, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 108–116.

Sari, W. P., & Ma'rifah, D. R. (2020). Pengembangan LKPD Mobile Learning Berbasis Android dengan PBL untuk Meningkatkan Critical Thinking Materi Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 49-58.

Susanto, E., Malalina, M., & Yenni, R. F. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Limas dengan Menggunakan Metode Inkuiri. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 38–48.

Syarif, A. F., Mania, S., Abrar, A. I. P., Nur, F., & Suharti, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 79–86.

Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47.

Published
2023-06-03
How to Cite
Miralda, D., & Marhaeni, N. (2023). Analisis Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 24-32. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1775