INVENTARISASI NILAI KERAPATAN DAN MANFAAT EKONOMI TANAMAN AREN (Arenga pinnata (Wurmb) Merr.) DI KECAMATAN TOMPOBULU (Studi kasus : Desa Bonto Somba, Bonto Manurung dan Bonto Manai)

  • Musdalifah musda UNIVERSITAS MUSLIM MAROS
  • Muliana Djafar Universitas Muslim Maros
  • Andi Nurul Mukhlisa Universitas Muslim Maros
Keywords: Aren, inventarisasi, kerapatan, pemanfaatan

Abstract

Tanaman aren (Arenga pinnata (Wurmb) Merr.) merupakan salah satu tanaman hasil hutan bukan kayu yang telah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kerapatan tanaman aren di Desa Bonto Somba, Bonto Manurung, Bonto Manai Kecamatan Tompobulu dan untuk mengetahui manfaat ekonomi tanaman aren di Desa Bonto Somba, Bonto Manurung, Bonto Manai Kecamatan Tompobulu. Metode yang digunakan adalah teknik random sampling berupa petak berukuran 20 m × 20 m dengan menghitung seluruh jumlah tanaman aren dalam petak ukur dan mengindentifikasi tanaman yang sudah berproduksi dan belum berproduksi serta menghitung kerapatan jenis tanaman aren, menghitung nilai manfaat ekonomi tanaman aren dan wawancara kepada responden dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan potensi Kerapatan tanaman aren di Kecamatan Tompobulu diperoleh 41 pohon aren yang berproduksi dan 68 pohon aren yang belum berproduksi. Petani memanfaatkan produk tanaman aren sebagai gula aren dan tuak. Hasil perhitungan nilai manfaat tanaman aren meliputi pendapatan petani di Desa Bonto Somba dari produksi gula aren sebesar Rp.26.156.000/tahun, pendapatan di Desa Bonto Manurung dari produksi gula aren sebesar Rp.41.685.000/tahun dan pendapatan di Desa Bonto Manai dari produksi tuak sebesar Rp.12.331.000/tahun. Sehingga total nilai manfaat tanaman aren di Kecamatan Tompobulu adalah sebesar Rp.80.172.000/tahun.

References

Ditjenbun. 2020. Aren, Tanaman Konservasi Bernilai Ekonomi Tinggi. MediaPerkebunan.Id,(Online)(https://mediaperkebunan.id/aren-tanaman-konservasi-bernilai-ekonomi-tinggi/, diakses 10 Januari 2022).


Damanik, R., Azhar, I., & Riswan. 2015. Inventarisasi dan Pemanfaatan Aren (Arenga pinnata Merr.) oleh Masyarakat Sekitar Hutan (Studi Kasus: Hutan Produksi Terbatas Desa Sihombu, Kec. Tarabintang, Kab. Humbang Hasundutan). Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara 18–24.
Marito, R. 2008. Berbagai Metode Pemecahan Dormansi Biji Aren (Arenga pinnata Merr.). Skripsi. Departemen Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan.

Ruslan, Majnah, S., Baharuddin, B., & Taskirawati, I. 2018. Potensi dan Pemanfaatan Tanaman Aren (Arenga pinnata) dengan Pola Agroforestri di Desa Palakka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Perennial 14(1):24–27.

RPJMD KPH Bulusaraung. 2018. Data Informasi KPH Bulusaraung.

Tahnur, M., Sribianty, I., & Padyla, E. 2020. Nilai Manfaat Ekonomi Pohon Aren di Desa Ko’mara Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Penelitian Kehutanan Bonita 2(2):9–18.

Yuldiati, M., Saam, Z., & Mubarak. 2016. Kearifan Lokal Masyarakat dalam Pemanfaatan Pohon Enau di Desa Siberakun Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Dinamika Lingkungan Indonesia 3(2):77. doi: 10.31258/dli.3.2.p.77-81.
Published
2022-12-27
How to Cite
musda, M., Djafar, M., & Mukhlisa, A. (2022). INVENTARISASI NILAI KERAPATAN DAN MANFAAT EKONOMI TANAMAN AREN (Arenga pinnata (Wurmb) Merr.) DI KECAMATAN TOMPOBULU (Studi kasus : Desa Bonto Somba, Bonto Manurung dan Bonto Manai). Jurnal Eboni, 4(2), 41-46. https://doi.org/10.46918/eboni.v4i2.1497
Section
Articles