Jurnal Binomial https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial <p>Jurnal Binomial adalah Jurnal ilmiah Pendidikan Biologi, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan biologi dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros.&nbsp;Jurnal ini terbit berkala dua kali setahun yaitu pada bulan Maret dan September.&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;</p> <p><strong>Nomor ISSN : 2623-0143&nbsp;(media cetak), Nomor ISSN : 2657-2184&nbsp;(media online)&nbsp;</strong> &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;</p> <p><strong>Alamat Redaksi:</strong> Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, Sulawesi Selatan 90511, email: binomial.biologi@umma.ac.id, URL: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial</p> en-US binomial.biologi@umma.ac.id (Warda Murti) nurhidayah@umma.ac.id (Nurhidayah) Mon, 01 Apr 2024 00:21:12 +0700 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2151 <p>This study aims to determine the implementation of the <em>flipped classroom</em> learning model on cognitive learning outcomes and student participation during the learning process of grade XI SMA Negeri 1 Bantaeng on human coordination system material. This type of research is Pre-Experimental Design with One-Shot Case Study research design. The data collection technique used is in the form of an essay test of 10 questions and observation sheets of student participation. The results of the statistical test showed the average post-test score in class XI Science 5 which was 86.13. The Minimum Completeness Criteria (KKM) obtained by students with a percentage of 96.7% are on the completion criteria, and 3.3% are on the incomplete criteria. The average student participation during the learning process in online classes (google classroom) is 83% with the very active category, and student participation during the learning process in class is 65% with the active category. The conclusion of this study is that the implementation of the <em>flipped classroom</em> learning model can improve cognitive learning outcomes and learning participation of grade XI students of SMA Negeri 1 Bantaeng on human coordination system material<em>. </em></p> Faisal Faisal, Oslan Jumadi ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2151 Sun, 31 Mar 2024 23:51:23 +0700 PENGEMBANGAN HANDOUT TERINTEGRASI PARADIGMA WAHDATUL ULUM PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAS AL-FALAH https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2187 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah <em>handout</em> terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan untuk menaikkan hasil belajar siswa MAS AL-FALAH ini layak, praktis, dana efektif dalam proses pembelajaraan. Metode penelitian dan pengembangan (<em>R&amp;D</em>) ini menggunakan model 4D (<em>Define, Design, Develop. </em>dan<em> Disseminate)</em>. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>h</em><em>andout</em> terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan yang dikembangkan telah valid, sehingga layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan persentase 100% (ahli materi), 92,25 (ahli media), dan 92% (ahli agama). Selain itu, hasil angket respons guru dengan persentase 95% dan angket respons siswa dengan persentase 91,92% menunjukkan betapa&nbsp;praktis&nbsp;penggunaannya. Dilihat dari hasil N Gain yaitu sebesar 0, 81 maka <em>h</em><em>andout</em> dinyatakan efektif dengan kriteria “Tinggi”. Maka dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa <em>h</em><em>andout</em> terintegrasi paradigma wahdatul ulum pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan hasil belajar siswa MAS AL-FALAH telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan. Pengembangan <em>h</em><em>andout</em> pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta guru dapat menggunakannya sebagai bahan ajar selama proses pembelajaran.</p> Puji Lestari, Khairuna Khairuna, Zulfiana Herni ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2187 Sun, 31 Mar 2024 23:54:49 +0700 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PLANTAE KELAS X IPA 1 SMA NASIONAL MAKASSAR https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2171 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, kualitas, dan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah dikembangkan sesuai dengan standar penilaian menurut para ahli untuk diimplementasikan di kelas X IPA 1 SMA Nasional Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&amp;D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Observasi di kelas X IPA I dilakukan dengan wawancara dan melihat langsung situasi pembelajaran di SMA Nasional Makassar. Kuesioner diberikan kepada validator, guru, dan peserta didik untuk menilai kualitas dan kelayakan LKPD. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X IPA 1 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai persentase validasi ahli media sebesar 100% dengan kategori sangat layak, validasi ahli materi sebesar 82,5% dengan kategori layak, sehingga LKPD dapat dilanjutkan ke tahap implementasi. Respon guru yang didapatkan sebesar 97,2% sehingga LKPD layak untuk diimplementasikan. Pada tahap evaluasi, diperoleh respon peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 80,5% dan pada uji coba klasikal sebesar 84%, sehingga LKPD dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X IPA 1 SMA Nasional Makassar.</p> Ika Lestari, Muqtakdir Nurfalaq Syarif, Alin Liana ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2171 Sun, 31 Mar 2024 23:56:30 +0700 ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2126 <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>The 21 st century skills that students must have include Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration, which is often abbreviated as 4C</em><em>. </em><em>Communication skills orally and in writing is one of the competencies in dealing with today's life. Based on the results of observations of Biology Education students at the Muhammadiyah University of Makassar, it shows that students have not been able to communicate and collaborate well and smoothly among fellow students. The purpose of this study was to analyze collaboration skills and communication skills of Biology Education students at the University of Muhammadiyah Makassar. This type of research is Ex post Facto which will be carried out in the odd semester of 2022-2023. The instrument in this study was a questionnaire on student collaboration skills and communication skills</em><em> Based on the research results found that communication </em><em>skills in the good category with an average of 70.52 while collaboration skills are in the collaborative category with an average of 65.80.</em></p> Rahmatia Thahir ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2126 Sun, 31 Mar 2024 23:57:21 +0700 PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSITEM https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2185 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk </em><em>untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengerjakan soal berbasis literasi sains standar PISA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Makassar pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian 25 siswa kelas XI MIA 3. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen soal pilihan ganda sebanyak sepuluh butir soal pada tiga aspek literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perolehan tes literasi sains siswa sebesar 56% berada pada kategori rendah, dengan rincian rata-rata hasil perolehan pada tiap aspek yakni aspek proses sains sebesar 32% berada pada kategori rendah, aspek konten sains sebesar 44,8% berada pada kategori sedang, dan aspek konteks sains sebesar 35% berada pada kategori sedang. Penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yakni siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, kemampuan untuk memaknai bacaan masih rendah serta kemampuan untuk berpikir kritis masih rendah.</em></p> Bungawati Bungawati ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2185 Sun, 31 Mar 2024 23:58:00 +0700 TELAAH SOAL UAS BIOLOGI PADA SISWA SMAN 8 MAROS https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2166 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Evaluasi digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dan juga dapat menentukan keberhasilan guru dalam mengajar. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal UAS Biologi pada siswa kelas XI MIPA 4 di SMAN 8 Maros. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pendekatan kualitatif untuk memahami kesesuaian soal UAS biologi dengan kompetensi. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Sedangkan pendekatan kuantitatif sebagai pelengkap data. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru biologi SMAN 8 Maros. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Objek dalam penelitian ini adalah soal tes buatan guru biologi. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode wawancara. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Teknik analisis data terdiri dari analisis butir soal, reabilitas, analisis derajat kesukaran butir soal, analisis daya pembeda. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Dari hasil penelitian menunjukkan analisis bahwa yang diperoleh untuk soal pilihan ganda 25 butir menunjukkan soal yang valid sebanyak 16% dan tidak valid 84%. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Untuk reliabilitas soal pilihan ganda memiliki kategori rendah sebesar 0,33. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pada tingkat kesukaran 44% termasuk kategori mudah, 52% termasuk kategori sedang, dan 4% termasuk kategori sukar. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Dan untuk daya pembeda, sebanyak 64% memiliki daya pembeda tidak baik, 24% memiliki daya pembeda cukup dan 12% memiliki daya pembeda baik.</span></span></span></span></p> nur fadillah ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2166 Sun, 31 Mar 2024 23:59:02 +0700 PERBANDINGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANA https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2192 <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbandingan Metode Resitasi Dan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pana. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu Analisis Deskriptif Uji Normalitas menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka diperoleh beberapa kesimpulan bahwa: Model pembelajaran Metode Resitasi hasil untuk posttest 0% untuk kategori Sangat rendah, 0% siswa berada pada kategori Rendah, 0% Siswa berada pada kategori Sedang, 40% siswa berada pada kategori Sedang, 40% siswa berada pada kategori Rendah kategori Tinggi dan 60% Siswa berada pada kategori Sangat Tinggi.. Sedangkan Metode Diskusi pada data yang diperoleh untuk posttest terlihat bahwa tingkat skor hasil Rendah belajar siswa untuk posttest 0% untuk kategori Sangat rendah, 0% siswa berada pada kategori, 0% Siswa berada pada kategori, 0% Siswa berada pada kategori pada kategori Sedang, 48% siswa berada pada kategori Tinggi dan 52% Siswa berada pada kategori Sangat Tinggi. Menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa meningkat di kelas setelah diterapkan Metode Diskusi. Berdasarkan Hasil analisis data dengan menggunakan uji Paired Samples Test. Taraf signifikansi 0,05 tampak bahwa nilai p (sig.(2-tailed) 0,000&lt;0,05. Ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh perlakuan hasil belajar dengan menggunakan Metode Diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Pana Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar melalui metode diskusi lebik baik daripada siswa yang diajar dengan metode resitasi.</span></span></p> Dina Deni, Mohammad Mulyadi, Nur Amaliah Akhmad ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2192 Sun, 31 Mar 2024 23:59:53 +0700 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMAN 2 MAROS https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2194 <p>Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental. Jenis penelitian ini menggunakan perlakuan pada objek penelitian yang melibatkan satu kelas saja sebagai kelas eksperimen. Adapun sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dimana metode pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>Purposive Sampling.</em> Pada pembelajaran materi pokok sistem reproduksi manusia, satu kelas diajar dengan menggunakan metode pembelajaran <em>Reciprocal Teaching</em>. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 item yang telah divalidasi item. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Diketahui bahwa nilai <em>preetest</em> pada&nbsp; siswa kelas XI MIPA 1 diperoleh skor tertinggi yaitu 70, skor terendah yaitu 20, skor rata-rata yang diperoleh 53,65 dengan standard deviasi 16,707. Nilai <em>posttest</em> pada siswa kelas XI MIPA 1 diperoleh skor tertinggi yaitu 95, skor terendah yaitu 75, skor rata-rata yang diperoleh 88,46 dengan standar deviasi 6,445. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran <em>Reciprocal Teaching</em> dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Maros pada Materi Pokok Sistem reproduksi manusia.</p> khairianti sau ##submission.copyrightStatement## https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/2194 Mon, 01 Apr 2024 00:01:36 +0700