PENINGKATAN KOMPETENSI GURU IPA BIOLOGI DALAM PENYUSUNAN RPP MELALUI MODEL PEMBINAAN CLCKM
Abstract
Penelitian Tindakan Pengawasan (PTP) ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi guru IPA Biologi dalam penyusuanan RPP Satu Lembar di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dapat ditingkatkan melalui Model Pembinaan CLCKM. RPP satu lembar. Pembinaan CLCKM (Contoh, Latihan, Kontrol, Kerja Mandiri) adalah pola usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara efesien dan efektif untuk memperoleh hasil yang lebih baik untuk latihan dalam pengawasan sehingga dalam melakukan kegiatan harus bergantung pada orang lain. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart. Setiap tindakan atau siklus selalu terdiri dari empat kegiatan: 1) Rencana Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Dari kegiatan penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan kompetensi profesional guru IPA Biologi menyusun RPP satu lembar melalui model pembinaan CLCKM. Pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh 81,20% dan pada siklus II ternyata rata-rata skor yang diperoleh oleh subjek penelitian naik 94,63%. Metode pembinaan CLCKM ini dipadukan dengan pelibatan tutor sebaya, dapat meningkatkan tingkat keaktifan guru secara signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan Model Pembinaan CLCKM dapat meningkatkan kompetensi guru IPA Biologi dalam menyusun RPP Satu Lembar.
References
Bahrodin, Dr. 2021. Panduan Program Pembinaan Guru Pelaksanaan, Evaluasi dan Pelaporan. CV. Pustaka Learning Center Anggota IKAPI No. 271/JTI/2021. Cetakan Pertama: Malang.
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.
Gusniati. 2017. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Berbasis Mentoring Di Sdn 22 Sungai Limau. Jurnal Manajemen Pendidikan. 2 (2): 467-476
Daswati. 2020. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Berbasis Mentoring MIN 10 Aceh Barat Daya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi. 2 (1): 34-43.
Dewi. W. 2017. Modifikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD . CV. Syahadah Creative Media. Cetakan Pertama: Watampone.
Irwansyah. T. 2020. Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (contoh, latihan, control, kerja Mandiri) berbasis mentoring SMA Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian. 1 (3): 279-288.
Khaidir. 2018. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Berbasis Mentoring Di SMAN 2 Pasaman Dan SMAN 1 Lembah Melintang. Jurnal Manajemen Pendidikan. 3 (1): 1-11
Lanniari. 2018. Penerapan Kompetensi Guru dalam Penyusunan RPP dan Silabus pada Model Pembinaan CLCK SD Negeri 004 Teluk Pulau Hilir Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Serambi PTK, 5 (1): 42-47
Naibaho. J. D. 2018. Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Dalam Program Program Kerja Guru Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Smp Negeri 3 Harian Di Kabupaten Samosir Tahun 2016/2017. Majalah Ilmiah INTI. 6 (1):102-107
Ndruru, Ikhtiar. 2018. Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Dalam Program Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Negeri 1 Idanotae Kec. Idanotae Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Warta Edisi: 55.
Marsal. B. 2020. Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Dalam Program Kerja Guru Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SDN 091621 Perdagangan. Jurnal Tematik Universitas Negeri Medan. 10 (1): 47-53.
Masril. 2017. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Berbasis Mentoring Di SMAN 10 Padang Jurnal Manajemen Pendidikan. 2 (3): 595-602
Pastal. 2019. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Berbasis Mentoring Di MAN 6 Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4 (3): 262-272
Rimang, Suwadah. 2015. Abadikan Dirimu Menjadi Guru Isnpiratif. Yogyakarta: Lingkar Media
Rosiana. 2019. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Menggunakan Model Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri (CLCK) Dalam Program Menyusun RPP. Jurnal KANSASI 4 (1): 56-64
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/KAN/article/view/959
Suardi. 2019. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Berbasis Pendampingan Intensif Di MAN 2 Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4 (3): 281-290
Supanri. E. 2020. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Berbasis Pendampingan Intensif Di SMKN 1 Pasaman. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5 (1): 45-56.
Winanto. K. 2020. Peningkatan Kemampuan Pegawai Perpustakaan Dalam Melaksanakan Pelayanan Teknis Melalui Model Pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) Di SMAN 2 Luhak Nan Duo. Jurnal Manajemen Pendidikan. 5 (1): 35-43