PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIPADUKAN DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA

  • Moh. Mulyadi Prasetyo STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: kooperatif tipe STAD, inkuiri terbimbing, aktivitas, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas mahasiswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing, (3) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar mahasiswa dan (4) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa melalui aktivitas siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP PI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random class. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas mahasiswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas mahasiswa berada pada kategori sangat aktif; (2) hasil belajar berada pada kategori tinggi; (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dan (4) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadu strategi inkuiri terbimbing berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui aktivitas mahasiswa.

References

Afiah, N. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Ambarsari, W. 2012. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, (online), Vol. 5, No. 1, hlm. 81-95, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, Diakses 12 Oktober 2013).
Asminah, D. R (2010). Pembelajaran Fisika dengan Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Training Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Aktivitas Siswa. Tesis. Universitas Sebelas Maret.
Astrawan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA. e-Journal. Vol. 3. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar.
Budiada, I. P. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian, (online), Vol. 2, No.1, (http://pasca.undiksha.ac.id, Diakses 01 Juni 2014).
Budiarti, S. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Pembelajaran Kimia Materi Pokok Koloid. (Online), (http://lib.unnes.ac.id. , Diakses tanggal 30 Mei 2014)
Dewi, L. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. e-Journal. Vol. 3. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. PT Gramedia Widiasarana: Jakarta.
Hapsari, D. P. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, (online), Vol. 4, No. 3, hlm. 16-28, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, Diakses 12 Oktober 2013).
Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Alfabeta: Bandung.
Mumpuni, K. E. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran INSTAD terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, (online), Vol. 1, No. 1, hlm. 28-35, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, Diakses 01 juli 2014).
Nurhayati B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Badan Penerbit UNM: Makassar.
Nurhidayati, S. 2012. Pengaruh Metode STAD dan Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. (Online), (http://pasca.um.ac.id), Diakses tanggal 30 Mei 2014)
Prayitno, B. A. 2010. Potensi Pembelajaran Biologi Inkuiri Dipadu Kooperatif dalam Pemberdayaan Berpikir dan Keterampilan Proses pada Siswa Under Achievment. Proceeding Seminar Nasional Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia, hlm. 677-689.Surabaya: UNESA.
Rustam. 2010. Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Rokhmatika, S. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif Jigsaw terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Biologi, (online), Vol. 4, No.2, hlm. 72-83, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, Diakses 12 Oktober 2013).
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Slavin, R. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, and Praktis (Terjemahan dari Cooperative Learning: Theory, Research, dan Practice. Terjemahan oleh Yusron, Nurilita. 2010. Nusa Media: Bandung.
Published
2020-09-25
How to Cite
Prasetyo, M. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DIPADUKAN DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA. Jurnal Binomial, 3(2), 131-147. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.666