PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MAROS

Penulis

  • Nurdiana Diana Universitas Muslim Maros

DOI:

https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.665

Kata Kunci:

Cooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil belajar.

Abstrak

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Kingdom Animalia Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 MAROS, (dibimbing oleh A. Muhajir Nasir dan Novalia Tanasy).

Penelitian ini termasuk penelitian Pre-Experimental Designs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi materi kingdom animalia pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Maros. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas Eksperimen. Data dianalisis menggunakan Analisis Uji Deskriptive, Normalitas, dan Ngain dengan menggunakan SPSS versi 16. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perolehan pengujian hipotesis Ngain dengan menggunakan Gain ternormalisasi One Sample t-test  yang diperoleh nilai thitung = 2.919 dengan nilai-p = .008 < ? =0,025 berarti terdapat perubahan yang signifikan. Pada posttest juga memperlihatkan bahwa 21 dari 24 peserta didik (87,5%.) telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 4 Maros . hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar biologi materi Kingdom Animalia pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Maros

Referensi

Baharuddin, N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Cahyati, & kartika. (2019). Pengaruh Model Cooperative Lerning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Bantul pada Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan. Jurnal Penelitian Pembelajran FisikaVol.10.Online.Diunduh pada 10 november,http// journal.upgris.ac.id
Fajriyati, R.,Supandi, & Rahmawati, N.D. (2019). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan numbered head together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika:Vol 1:No 4.
Fathurrohm an, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Manurung, I. W., Mulyani, B., & Saputro, S. (2013). Pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif numbered head together (NHT) dan learning together (lt) dengan melihat kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia kelas x sma negeri 2 karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK):Vol 2:No.4, 25.
Nur, M. I., Salam, M., & Hasnawati. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hail Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 1Tongkuno . Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 4.Online. Diunduh pada 12 november http//osj.unho.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3055
Pakpahan, M., & Riwayati. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS) pada Materi Ekosistem di Kelas VII. JURNAL PELITA PENDIDIKAN VOL. 4 NO. 2.
Pietersz, F., & Saragih, H. (2010). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika di SMP Negeri 1 Cisarua. 433.
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran:Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers.
Sastrawan, W., Sedanayasa, G., & Suwatra, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Bantuan Media Software Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD GUGUS III DESA BENGKEL KECAMATAN BUSUNGBIU. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha: Vol: 2 No: 1 Tahun, 2
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Sukmayasa, M. H., Lasmawan, I. W., & Sariyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika. Jurusan Pendidikan Dasar Volume 3, 2.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Syarifatunnisa, Suradi, & Awi. (2019). Perbandingan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif antara tipe TGT ( Teams Games Tournament) dan Tipe NHT (Numbered Head Together) ditinjau dari kecerdasan Interpersonal siswa. Issues in mathematics Education:Vol.3:No.1, 41.Online. Diunduh pada 13 Desember https://osj.unm.ac.id/imed/article/view/10734.
Tanjung, I. F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan . Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan vol.VI,no 1, 5.online. Diunduh pada 10 November dari http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/24

Diterbitkan

2020-09-23

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MAROS. (2020). Jurnal Binomial, 3(2), 122-130. https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.665