PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERT DIDIK KELAS XI IPA
DOI:
https://doi.org/10.46918/binomial.v3i2.664Kata Kunci:
Teams Games Tournament, Hasil BelajarAbstrak
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi Eksperimental Designs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu karena tidak semua variabel dapat dikontrol secara ketat. Penelitian ini menggunakan rancangan “One-Group Pretest-Posttest Design Dalam desain penelitian eksperimen ini ada satu kelompok yaitu kelas eksperimen saja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 20 Pangkep yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dimana siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 32 dan XI IPA2 berjumlah 34 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa di SMA Negeri 20 Pangkep. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu: variabel bebas (X) danvariabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal.Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournamen. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti yang menggunakan instrumen berupa soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik dan deskriptif inferensial. Hasil analisis derskriptif pada Pre-Test dengan standar deviasi 15,42 sedangkan hasil Pos-Test dengan standar deviasi 10,58. Hasil uji normalitas pada Pre-Test senilai 0,586 sedangkan pada Pos-Test senilai 0,186. Pada uji homogenitas, hasil Pre-Test dan Pos-Test sebanyak 0,087 serta berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai t tabel sebesar 1,998341 dan t hitung sebesar 29,396 dimana t tabel < t hitung sehingga berdasarkan kriteria pengujian untuk uji hipotesis dinyatakan Ho ditolak sehingga H1 diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan audio visual terhadap hasil belajar peserta didik.
Referensi
Pramita Arif, W. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt).Jurnal Binomial, 1(1). (Online) Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004 Diakses pada tanggal 20 November 2019.
Rosdiani. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi-Ipa2 Pada Materi Sistem Pernapasan Di Sma Negeri 1 Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 12, 6(1), 28–33. ( Online) Diakses pada tanggal 24 November 2019.
Septiawan, I. M. A. E., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa. E-Jurnal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). (Online) Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V2i3.16285 Diakses pada tanggal 24 November 2019.